Sunday 6 May 2012

Pergeseran Ahlak Terhadap Anak Bangsa


Pergeseran Ahlak Terhadap Anak Bangsa
Memperhatikan kondisi lingkungan pada saat ini, banyak ahlak anak bangsa yang sudah mulai menurun, bahkan banyak manusia yang mulai berbuat anarkis pada saat melakukan aksi penyampaian pendapat mereka.
Menanggapi hal ini ketua Majelis Ulama Indonesia Sumatera Selatan M Sodikun mengatakan di ruang kerjanya dikala di kunjungi Patroli,bahwa sudah kita rasakan dan kita lihat ahlak anak bangsa mengalami pergeseran, terutamna di kalangan generasi muda pada saat ini, ujarnya.
Masih keterangan Sodikun, mereka makin menunjukan  moralitas, etika, terhadap lingkungan, terhadap gurunya, orang tuanya, misalnya terjadinya kasus seorang anak sekolah dasar yang menusuk temanya dengan senjata tajam, dan sudah di penjara,tegasnya.
Diungkap Sodikun, kita perhatikan pada kota-kota besar, hampir setiap harinya terjadinya tawiran remaja, hal ini dsiebabkan leh karena tersinggung saja, sehingga telah merugikan bahkan telah meresahkan masarakat, kadang-kala itu menganggu lalulintas,tambahnya.
Semunya ini akibat karena adanya pergeseran ahlak dari generasi pada saat ini, kurangnya saling menghargai, bahkan aparat saja di lempari dengan benda-benda keras seperti batu.
Jadi masalah ahlak sudah menjadi fenomena bagi kita semua, terjadinya sikap yang brutal, sudah menipisnya moral, kurangnya ajaran agama, kalau ajaran agama itu memadai hal ini tidak mungkin akan terjadi, ini membuktikan kurangnya nilai-nilai agama,ujarnya.
Semuanya bisa saja akibat, pengaruh narkoba, karena kalangan dewasa, siswa, mulai dari Sd,SMP dan SMA, bahkan menjadi pengedar, menuurt ketua MUI Sumatera Selatan, ini juga karena kuranya pendidikan agama, kurang tegasnya pemerintah  terhadap perbuatan pelanggaran ahlak ,tegasnya.
Bukan itu saja tetapi para dokter dan juga para ilmuwan juga perlu pendidikan agamanya, kalau tidak itu akan menjadi lebih berbahaya lagi, karena itu harus ada sistim yang serius untuk dapat mentasi masalah ini, sangsi hokum harus tegas, sehingga memberikan jera, kalau hukuman ringan, maka mereka tak akan jera.
Masalah lain mengenai ahlak ini menyebabkan mereka melihat pornograpi, itu juga pemicu kenakalan, sehingga mereka jadi tidak santun, tidak ada lagi kasih dan saying, semuanya krena leahnya ajaran agama, karena juga didesak oleh orang tua yang  harus mencari nafkah, kalau tidak maka kehidupan mereka akan juga terganggu,tegasnya.
Jadi tiga hal yang harus dilakukan oleh orang tua dan masarakat dan pemerintah, yang harus dimulai dari keluarga, harus ada waktu ini, pendidikan juga oleh lembaga SD,SMP,SMA bahkan pendidikan agama ini harus hingga pada perguruan tinggi.
Juga harus didukung oleh media , baik melalui media elektronik dan juga media cetak, tapi bukan media yang menyesatkan, juga pemerintah harus tegas, yang memberikan perlindungan secara tegas, dari seluruh aspek kehidupan.@mi

No comments:

Post a Comment

Sorga atau neraka

 Sorga itu sudah ada di dunia Hanya sedikit yang mau Banyak manusia lebih memilih dunia Jika dalam gembira kau gelisah Jika dalam susah kau ...