Wednesday 3 October 2012

Guru Itu Mulia Dunia Aherat



GURU itu Mulia Dunia Aherat
Menjadi seorang  guru tidaklah semua orang  dapat menjalaninya , dan tidak semua  orang yang mengaku menjadi guru bisa  menempatkan posisi peranya  sesuai dengan  yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Banyak orang  mendeskripsikan kalau guru itu sosok yang mesti digugu dan di tiru.    
Berikut wawacara  media  yang disampaikan Kepala sekolah SMK Negeri I Palembang   Drs Zulkarnain Mpd saat di ruang kerjanya mengatakan pada media, saya menjadi kepala sekolah sejak tahun 2010 yang  lalu,  tetapi menjadi seorang  guru,  mulai tahun 1983,  sesungguhnya hampir semua jenjang  guru  aku jalani,ungkapnya.
Menurut Zulkarnain,  mulai mengajar di SMP , SMA hingga dengan SMK,  bahkan pernah menjadi seorang dosen disebuah universitas,  menjadi seorang  guru  merupakan amanat orang tua,tegasnya.
Orang tua saat itu  berpesan pada saya,  guru itu mulia  di dunia dan aherat,  itu membuka mata yang bodoh jadi pintar,  yang nakal jadi baik , di aherat mulia karena telah  memberikan ilmu pada orang lain itu mulia,ujarnya.
Masih kata Zulkarnain,   guru itu merupakan propesi yang sangat mulia , setelah saya mengalaminya dan  ternyata  benar sekali,  aku nikmati sebagai seorang  guru, tambahnya.
Di SMK pada sat ini kita miliki program, kita harapkan dapat meniciptakan siswa yang mandiri, kelak ia menjadi seorang yang memiliki usaha  dan karya yang besar,    kalu  ia kerja di sebuah perusahan atau pemerintah ia menjadi seorang  yang siap pakai,ditegaskanya pula.
Kita selalu memberikan dorongan pada siswa, agar mereka selalu bersemangat dengan usaha yang akan datang, oleh karena itu kita selalu mengajak mereka untuk berkunjung pada beberapa perusahaan  yang ada di Kota Palembang ini pada khususunya.Kita selalu memberikan motivasi agar  giat,  ingat dan menelaah kisah-kisah orang-orang yang sukses.
Dalam motivasi kerja sesama  rekan guru kita selalu memberikan saran agar selalu bersabar dalam menghadapi  setiap persoalan,  kita lakukan dengan cara  pendekatan kekeluargaan.
Kita tanamakan keluhuran propesi seorang guru,  sehingga siswa akan menilai kita adalah benar-benar seorang guru, yaitu layak di tiru, dan benar apa yang telah kita sampaikan.
Saran kita terhadap siswa  bahwa guru menegor itu adalah untuk kebaikan siswa itu sendiri, bukan guru membenci mereka,  tetapi guru itu menasehati,  kiita berharap siswa itu juga terbuka dengan para gurunya ,sambungnya.
Harapan kita pada siswa,   jadi kita perlu tahu bahwa sekolah gratis, itu bukan semuanya gratis, tetapi peran serta masarkat itu sangat di perlukan dalam pelaksanaan dunia pendidikan pada sat ini, kiranya dukungan masarakat  agar pendidikan ini berjalan baik, tanpa peran serta masarakat dan oranmg tua, mustahil pendidikan ini akan berhasil.@milguru itu mulia Dunia Aherat

No comments:

Post a Comment

Sorga atau neraka

 Sorga itu sudah ada di dunia Hanya sedikit yang mau Banyak manusia lebih memilih dunia Jika dalam gembira kau gelisah Jika dalam susah kau ...