Friday 8 March 2013

Ketahanan Energi Bagian Dari Ketahanan Nasional


Ketahanan Energi Bagian Dari Ketahanan Nasional.
Upaya mewujudkan ketahanan  energi adalah hal yang mutlak diperlukan dalam mempekokoh ketahanan nasional kita, sedikit saja terjadi kekeliruan dalam pelaksanaan tata kelola bidang energy mengakibatkan timbulnya resistensi pada ketahanan nasiona kita.
Demikian awal pembukaan yang disampaikan  Penasehat  Tim TP Sriwijaya Ryamizard Ryacudu dalam rangka Seminar Energi Listrik  di Hotel Swarna Dwipa menyatakan , sebagai ilustrasi konsumsi energi primer perkapita kita pada tahun 2006 sekitar 0,6 ton setara  minyak, setiap individu hanya konsumsi energy primer gas, batubara, rata-rata 660 tsm pertahun,ujarnya.
Masih ditegaskan Ryamizard, sementara Negara maju konsumsi  energy primer perkapita mencapai 4,7 tsm, Jepang 4,04 tsm. Korea Selatan 4,27 tsm bahkan Singapura 5,55 tsm, hingga kini  masih sangat rendah  yaitu 591 kwh pertahun,tambahnya.
Dilanjutkannya, maka  terkandung  semangat bahwa potensi enegri yang ada, adalah barang kesejahteraan dan bukan hanya semata  barang komoditas,adanya kenyataan yang menyangkut factor kesulitan dalam pembangunan jaringan  tranmisi,ungkapnya.
Dikesempatan yang sama  Guru besar Ft Unanti Palembang Prof H Hazairin Samaulah M F ng. Ph.D menegskan , propinsi Sumsel menjadi lumbung  energy nasional dapat di tinjau  dari beberapa hal, memiliki sumber daya alam yang cukup, daya energy, pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, kelautan, peternakan,  minyak gas bumi, batubara yang cukup besar, namun tingkat pemampaatanya belum optimal,tambahnya.
Masih menurut Hazairin, cadangan batubara Sumsel 40 persen, sumberdaya energy  non konvensional, air , biomasa, biodiesel, panas bumi, cadangan coal bed methan, juga ada, letak geograpis, sistim kelistrikan  Sumbagsel, Lampung, Jambi, Bengkulu telah  terinterkoneksi dengan sisitim listrik di Riau,ujarnnya. ditahun 2005 Sumatera Selatan, telah menyusun Blue Print Sumatera Selatan sebagai lumbung Eneergi    .
Menurut  keterangan Kepala Dinas Pertambagan Sumatera Selatan Hery , sumber daya alam untuk energy di Sumatera dapat di ketahui dari , sumber rawa ,pegunungan dan perbukitan,teganya.
Hasil gas bumi Sumatera Selatan di Suplai kata Hery, antara lain ke Singapura Dan Batam, juga Jawa barat dan Banten, batubara di Sumsel saat ini ada 22, 24 milyar ton batu bara, sedangkan baru digunakan sebanyak 5 persen saja,lanjutnya.@mil.

No comments:

Post a Comment

Sorga atau neraka

 Sorga itu sudah ada di dunia Hanya sedikit yang mau Banyak manusia lebih memilih dunia Jika dalam gembira kau gelisah Jika dalam susah kau ...