Tuesday 17 September 2019

Wisata di Baturaja


Wisata Menarik di Baturaja Sumatera Selatan
Perjalanan ratusan kilometer dari Jembatan Ampera ke arah barat daya, akan mengantarkan Anda menemukan sejumlah tempat wisata menarik di Baturaja. Ibukota Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) ini, menyimpan banyak wisata alam yang menjadi daya tarik para pelancong domestik maupun luar negeri.

Dilihat dari sejarah administratifnya, Kabupaten OKU merupakan salah satu kabupaten tertua di Sumatera Selatan. Pada awal abad ke-20, eksistensi afdeling (kabupaten) OKU telah tercatat dalam Karesidenan Palembang. Melalui Peraturan Pemerintah No. 8 Tahun 1947, Kabupaten OKU kemudian dijadikan daerah otonom (Onder Afdeling), yang terdiri dari Ogan Ulu, Komering Ulu, dan Muaradua Ranau.

Perubahan administrasi selanjutnya dilakukan tanggal 20 Maret 1950. Bersamaan dengan pembubaran Negara Bagian Sumatera Selatan, penerapan batas-batas wilayah Kabupaten OKU turut membawahi wilayah Martapura dan Muaradua. Pada masa ini, Kabupaten OKU berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri.

Pasca terjadinya pemekaran tahun 2003, Kabupaten OKU pun dipisah menjadi 3 kabupaten, yakni Kabupaten OKU Timur, Kabupaten OKU Selatan, dan Kabupaten OKU. Bentuk terkini dari Kabupaten OKU mencakup 12 kecamatan dan 140 desa. Hal ini memungkinkan perkembangan pariwisata Baturaja yang semakin khas.
Pilihan Tempat Wisata Menarik di Baturaja

Berada dalam topografi dataran rendah berbukit, Kabupaten OKU sarat dengan berbagai kawasan lindung. Anda bisa menemukan kawasan hutan lindung, suaka alam, cagar budaya, serta sempadan sungai dan danau. Selain itu, kawasan budidaya pariwisata berupa wisata agro dan wisata budaya juga tidak boleh Anda lewatkan.

Dan untuk mendukung eksplorasi Anda, simaklah 10 tempat wisata menarik di Baturaja berikut ini. Satu diantaranya, mungkin bisa Anda jadikan pilihan tempat melepas penat bersama orang-orang tersayang
1.       Bukit Lesung Bintang
Berada dalam kawasan taman wisata alam, Bukit Lesung Bintang menyajikan panorama menakjubkan yang cocok dijadikan awal perjalanan di Baturaja. Untuk datang ke sini, Anda cukup mengikuti petunjuk jalan yang mengarah ke Desa Laya, Kecamatan Baturaja Barat.

Bukit Lesung Bintang di masa lalu, terkenal akan bentuk segi delapan menyerupai bintang yang bagian tengahnya terdapat lesung. Peninggalan marga Bindung Langit Lawang Kulon ini, diyakini sebagai bukti sejarah asal mula Baturaja. Bukti sejarah lainnya adalah Batu Berukir dan Batu berbentuk tapak kaki.

Dari atas Bukit Lesung Bintang, Anda bisa menyaksikan panorama kota Baturaja. Syaratnya, jangan membuang sampah sembarangan agar jalur menuju puncak tetap bersih dan lestari. Kesadaran seperti ini agaknya kurang digalakkan oleh pengelola wisata bersejarah tersebut.
2.       Bendali Rantau Kumpai
Bendali adalah akronim dari Bendungan Pengendali Air. Wisata andalan perairan di Baturaja ini menawarkan kesempatan menaiki kereta angsa. Fasilitas lain yang tersedia di Bendali Rantau Kumpai adalah arena panjat tebing, areal perkemahan, tempat pemancingan, dan musala.

Berlokasi di Desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, tempat wisata menarik di Baturaja yang satu ini dapat Anda nikmati dengan menempuh 17 kilometer perjalanan darat dari pusat kota Baturaja.
Kesan asri dan sejuk yang jarang Anda dapatkan di tengah kota, bisa Anda dapatkan dengan berkunjung ke Bukit Pelawi. Seperti bukit pada umumnya, Bukit Pelawi juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati panorama kota.

Selain menjadi destinasi wisata, bukit yang bisa diakses dari Desa Laya, Desa Pusar, Desa Batu Kuning, dan Desa Karang Agung ini, juga menjadi lokasi favorit bagi kegiatan pendakian para pecinta alam.
4. Air Terjun Mandi Hawa

Tempat wisata Air Terjun Mandi Hawa terletak di Desa Tualang, Kecamatan Lengkiti. Jaraknya sekitar 43 kilometer dari Baturaja. Perjalanan menuju air terjun ini akan ditemani gemercik Sungai Saka. Berdasarkan legenda yang diyakini masyarakat setempat, tempat wisata Air Terjun Mandi Hawa merupakan tempat pertempuran perebutan wilayah Puyang Deham dengan Puyang Lampung Abung. Banyak peninggalan dari pertempuran tersebut yang bisa Anda saksikan. Beberapa di antaranya adalah Batu Asahan, Kolam Darah, dan Kuburan Puyang.
5. Air Terjun Bukit Langgar

Masih di Kecamatan Lengkiti. Apabila Anda bergeser satu kilometer ke arah Desa Gedung Pakuon, Anda akan menemukan Air Terjun Bukit Langgar. Warga desa biasa menyebutnya Cuhup Langgah. Bagi Anda yang hobi melakukan pendakian, akses jalan ke Cuhup Langgah termasuk salah satu akses yang menarik untuk dicoba.


6. Air Panas Gemuhak

Terletak di Desa Gunung Tiga, Kecamatan Ulu Ogan, tempat wisata Air Panas Gemuhak berjarak sekitar 6 kilometer dari Desa Gunung Tiga. Jika berjalan kaki, Anda dapat menempuhnya dalam waktu tiga jam.

Lokasi Air Panas Gemuhak berada pada ketinggian 398 meter di atas permukaan laut. Pusat air panas terbesar mampu menyemburkan air panas hingga setinggi 3 meter. Air Panas Gemuhak memiliki suhu panas yang mencapai 70-100 derajat celsius. Artinya, air ini mengandung mineral yang aman untuk langsung diminum.

7. Air Terjun Kambas
Destinasi favorit akhir pekan Air Terjun Kambas ini, berlokasi di Desa Ulaklebar, Kecamatan Ulu Ogan. Perjalanan menuju lokasi akan dihiasi nuansa perbukitan yang masih alami. Jalurnya juga melintasi hutan perkebunan rakyat dan Sungai Kambas.

Penggemar wisata ekstrem akan menemukan kepuasan tersendiri menantang jalur menuju Air Terjun Kambas. Berada dalam kawasan hutan lindung, Anda juga akan melihat bebatuan besar yang menjadi bahan batu akik.
8. Gua Harimau
Gua Harimau terletak sekitar 500 meter dari Gua Puteri di Desa Padangbindu, Kecamatan Semidangaji. Selain diperuntukkan bagi turis, tempat wisata ini juga sering dikunjungi oleh para peneliti. Mereka pun memiliki sebutan khusus untuk Gua Harimau, yakni Situs Padangbindu.

Saat ini, Gua Harimau telah dilengkapi fasilitas tangga permanen yang anak tangganya berjumlah 104 buah. Tersedia pula anjungan untuk memudahkan wisatawan menikmati suasana gua, sehingga tidak menggangu tim peneliti yang sedang bekerja.
9. Gua Putri
Wisata Gua Putri adalah salah satu tempat wisata paling favorit yang membuat Baturaja dikenal publik. Gua yang menyimpan peninggalan bersejarah ini, menawarkan berbagai wisata alam, wisata budaya, dan wisata sejarah yang menakjubkan.
Untuk menjangkau Gua Putri yang terletak di Desa Padangbindu, Kecamatan Semidangaji, Anda hanya perlu berkendara selama 30-40 menit. Sarana pendukung di sekitar dan di dalam gua, seperti tempat istirahat, penerangan listrik, kolam kecil alami tempat cuci muka atau mandi, musala MCK, dan warung makanan, sudah dibangun secara baik dan lengkap.



No comments:

Post a Comment

Sorga atau neraka

 Sorga itu sudah ada di dunia Hanya sedikit yang mau Banyak manusia lebih memilih dunia Jika dalam gembira kau gelisah Jika dalam susah kau ...