Minggu, 15 April 2012

Makam Keramat Raden Kuning


Makam Keramat Raden Kuning
Oleh : Kamil
Makam keramat yang ada di beberapa kota Palembang, makam Raden kuning yang paling bengis , keramat ini terletak di kecamatan Seberang ulu I,tepatnya berada di lorong famili setia, jangan coba-coba menganggu keramat ini, karena bisa berbahaya, bahkan orang yang berniat jahat terhadap makam ini akan celaka.
Makm Rden Kuning Ini sudah tak terawat lagi, ditasanya telah tumbuh pohon yang besar, batu nisanya sudah rusak, tapi biar begini janagncoba untuk merusaknya, maka akan mengalami musibah.
Memang jika datang kelokasi seakan-akan  kuburan ini tak pernah dirawat lagi, memang tidak ada perawatan yang khusus untuk keramat raden Kuning Ini.
Diketahui makam Raden Kuning ini mempunyai kekuatan yang gaib, dari cerita penduduk yang berada di sekitar tempat ini, pernah ada suatu kejadian , seorang tamu yang datang didekat rumah loaksi kuburan, tanpa diketahui tamu itu buang air kecil di dekat kuburan tersebut. Menjelang malam tiba-tiba alat vitalnya sakit dan ia jadi gelisah sekali.
Saat ditanya mengapa ia merasa sakit, bilangnya ia buang air kecil di dekat kuburan itu, entah mengapa alat vitalnya jadi membesar dan juga sakit.
Setelah diketahui, barulah korban di bawa kedekat makam Raden Kuning, lalu di adakan sesajen, sehingga keajaiban itu terjadi tubuhnya jadi sehat kembali.
Lain lagi yang dialami oleh  Mukmin oleh seorang  warga yang berada didekat lokasi kuburan keramat itu, ia tertarik dengan keajaiban .
Karena didorong ingin tahu , lalu ia mengambil salah satu batu nisan kuburan Keramat Raden Kuning itu, esok harinya kaki kirinya merasa sangat nyeri, sehingga terasa sangat sakit dan kakinya itu memborok.
Mengalami hal ini, Mukmin lalu bertanya pada ahli gaib(dukun), lalau kata sanga dukun  itu karena ia telah mengambil batu nisan, pesanya agar itu segera di kembalikan, setelah ia mengembalikan  batu nisan itu  ia dapat sehat kembali .
Salah satu nara sumber di dekat lokasi kuburan Jon Jufri mengatakan, pernah seorang yang mimpi agar dia mencari keramat Raden  Kuning ini, sesuai dengan petunjuk bahwa makam Raden Kuning ini ada di kelurahan 7 ulu, ternyata benar orang tersebut setelah ia menemui makam raden Kuning itu ia menjadi sehat kembali, ia lalu melakukan sedekahan kecil.
Komentar Jon Jufri, hendaknya makam ini dapat dirawt dengan baik, karena ini adalah peninggalan sejarah, yang pantas untuk dilestarikan, karena ia adalah seorang pejuang untuk negeri ini.
Mukmin mengatakan, puluhan tahun yang lalu keramat raden Kuning Ini banyak di kunjungi orang, entah apa saja yang diminta orang di tempat ini, tapi itu ratusan tahun yang lalu.
Kini masa telah berganti, sehingga berbagai macam manusia tak lagi percaya dengan hal yang demikina, walaupun amsih ada yang percaya dengan yang demikian.
Dizaman Belanda keramat ini sering didatangi juga oleh orang-orang belanda, karena setinggi apapun air banjir pada zaman itu keramat ini tak juga tenggelam, dizaman itu dikala ada burung yang terbang tepat berada di atas kuburan ini akan jatuh ketanah.  (kamil)    

     

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar