Wednesday 4 July 2012

Kepala SMAN 8 : Pembinaan Siswa Melalui Pendekatan


Kepala Sekolah SMAN 8 : Pembinaan Siswa Melalui Pendekatan
Dimanapun itu, seorang guru selalu ingin agar siswa-siswanya menjadi pandai dan sekaligus juga berahlak, berguna bagi dirinya keluarga, masarakat dan Negara. Sehingga hal itu akan memberikan ketenangan bagi guru bahwa murid berhasil.
Dalam kesempatan yang berbahagia di ruang kerja SMa negeri 8 Jalan Pertahanan  laju Palembang,   Drs Rusdiana  Spd mengatakan, untuk menjadi guru itu adalkah memang sudah menjadi cita-cita saya, karena saya melihat seorang pifur guru yang mengajar saya selama ini,ungkapnya.
Saya mulai menjadi guru di tahun 1981 tutur Rusdiana,  selesai saya sarjana muda saya lamgsung  mengajar di methodis 2,  selanjutnya saya melanjutkan kembali pada perguruan tinggi, dan di terima di PNS itu ditahun 1985, saya kuliah di tahun 1984, untuk pertama kalinya menjadi sebagai guru PNS itu di SMAN negeri 7 itu dari tahun 1985 hingga tahun 2010,tegasnya.
Jadi dari keberhasilan anak-anak itu memberikan semangat bagi saya untuk menbdai pada dunia pendidikan ini, saya bangga jika berhadil dengan membina anak-anak didik, kita itu selalu membrikan motivasinya yang baik dan terus menrus,tambahnya.
Kesulitan itu hampir tidak ada hanya tinggal tehnis saja yang perlu di jalankan,  yang namanya hambatan dalam mebina siswa itu pasti ada, tapi kita yakin untuk membina anak didik melalui pendekatan, jangan sampai lupa kerjasama dengan orangtuanya,ujarnya.
Dengan pendekatan  kita terjalin hubungan yang baik dengan orang tuanya, sehingga memicu keberhasilan lebih meyakinkan, diperlukan bimbingan dan pengarahan secara terus menerus yang tiada henti tak pernah menyerah.
Masih  keterangan Rusdiana,Selama di SMAN 21 yang mulai di tunjuk sebagai guru, wali kelas,  bendahara,  juga sebagai wakil kepala sekolah, mulai jadi kepala sekolah itu pada tahun 1996 , di SMAN 21 selama satu tahun lebih, lalu pindah tugas di SMAN 8 tahun 2012 ini.
Untuk program yang kita galakan itu adalah diwajibkan membiasakan bersih lingkungan, karena sekolah yang bersih, itu akan memberikan kenyamanan bagi penghuninya, kita kan emlakukan lomba seni, lomba paduan suara, juga eskul –eskul lainya.
Pola pendekatan sesame guru misalnya kita laksanakan arisan keluarga, sehingga ada jalinan sesame guru, sehingga akan mengenal lebih dekat, kita akan selalu menghadiri hajatan yang ada pada sesame guru, dengan orang tua siswa itu kita lakukan pertemuan orang tuanya dengan guru, paling pada saat bagi rapot orang tuanya diharap hadir.
Untuk anak yang berpretasi itu kita panggil orang tuanya, untuk anak berprestasi di berikan hadiah,  itu juga akan memberikan ikatan silahturahmi yang baik antara guru dan murid dan juga orang tuanya.
Untuk DI SMAN 8 mendatang kita akan lakukan program sekolah sehat, prestasi beklajar anak lebih di tingkatkan lagi, untuk itu jam 7 anak sudah berlajar di kelas, kita lakukan doa-doa sebelum belajar, menjelang ramadhan kita akan lakukan pesantren kilat, prestasi sekolah SMA N 8 mendapat juara 3 untuk tingkat kota Palembang, selanjutny kita akan lakukan pembenahaan, kita berharap untuk saling kerjasama  dalam rangka meningkatkan mutu belajar dan mengajar.@mil

No comments:

Post a Comment

Sorga atau neraka

 Sorga itu sudah ada di dunia Hanya sedikit yang mau Banyak manusia lebih memilih dunia Jika dalam gembira kau gelisah Jika dalam susah kau ...