Tuesday 24 July 2012

waspadai Makanan Yang Mengandung Formalin


Waspadai Makanan Yang Mengandung Formalin
Makanan adalah suatu kebutuhan yang di konsumsi oleh masarakat setiapa harinya, oleh karena itu hal ini sangat di mampaatkan oleh oknum penjual makanan jika itu ada kesempatan.
Sehubungan dengan itu Kepala Balai Besar POM Palembang PLH Drs. Burhanudin Gumay Apt MM di ruang kerjanya mengatakan, formalin itu memang beredar dimasarakat, itu untuk kepentingan industry kayu lapis, itu di buat sipatnya lebih mengarah pada pengawetan, itu untuk pengawetan mayat,tegasnya.
Jika tujuan untuk industry kayu juga untuk mayat itu boleh, tetapi yang dilarang itu untuk makanan itu tidak boleh, beberapa kalangan itu menggunakan formalin.
Masih menurut keterangan Burhanudin,itu beberapa ada deteksi formalin dan boraks secara kualitatif maupun  kuantitatip secara akurat hanya dapt dilakukan di laboratorium dengan menggunakan pereaksi kimia, berikut ini beberapa cirri pangan  yang mengandung Formalin dan boraks, walau tidak terlampau khas namun dapat membantu membedakanya dari pangan tanpa formalin.
Misalnya kata Burhanudin, mie basah berfomalin , itu tidak rusak sampai dua hari pada suhu kamar 25 C dan bertahan lebih dari 15 hari pada suhu es. Tidak lengket  dan mie basah lebih mengkilap dibandingkan mie normal,  bau agak menyegat bau formalin, cirri tahu berformalin, tidak rusak sampai tiga hari pada suhu kamar 25 C  dan bertahan lebih dari 15 hari pada suhu kamar es, tahu terlampau keras kenyal namun tidak padat, bau menyenagt bau formalin,ungkapnya.
Ciri-ciri Baso berformalin, tidak rusak sampai 5 hari pada suhu 25 C, teksturnya sangat kenyal,bau agak menyengat, cirri-ciri  Baso yang mengandung Borakkerupk sangat renyah, dan memiliki rasa getir, ciri ikan warna insang merah tapi bukan merah, kalau ikan banyak tapi tidak ada lalat, itu ada formalin karena lalat takut dengan formalin,tegasnya.
Bahaya krinis Formalin, bila seseorang mengkonsumsi pangan yang mengandung formalin secara rutin, maka formalin dalam pangan tersebut dapat menyebakan kanker.
Kami menerima unit pelayanan pengaduan masarakat, itu nomor (0711-510126),  kita telah lakukan sosialisasi secara regular pada waktu yang ditentukan, itu dengan tokoh masrakat, tokoh pemuda, juga dengan bentuk visual dan dengan tanpa non visual, sekolah untuk mengundang tentang yang mengandung formalin itu dari jenis makanan, obat, atau jamu, atau kosmetik.
Harapan kita pada masarakat, karena tidak tahu, lalu ada makanan  yang  aneh, misalnya tahu tahuan hingga lebih dari dua hari tidak busuk, itu perlu di periksa, karena itu mengandung bahaya.@mil.Wspadai Makanan Yang mengandung Formalin

No comments:

Post a Comment

Sorga atau neraka

 Sorga itu sudah ada di dunia Hanya sedikit yang mau Banyak manusia lebih memilih dunia Jika dalam gembira kau gelisah Jika dalam susah kau ...