Wednesday, 5 June 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SMP Tamansiswa Palembang
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :    VII.3 / I
Alokasi Waktu                   :   3 x 40 ( 1 pertemuan )


A.   Standar  Kompetensi       :    1.    Memahami Sifat-sifat operasi hitung dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.      

B.   Kompetensi Dasar           :    1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat

C.   I n d i k a t or                   :
o      Mengubah pecahan menjadi decimal atau sebaliknya
o      Mengubah pecahan menjadi persen atau sebaliknya
o      Mengubah pecahan menjadi permil atau sebaliknya
o      Menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan

D.   Tujuan Pembelajaran
  • Disajikan bentuk pecahan dan pernyataan siswa dapat :
Mengubah Pecahan menjadi desimal atau sebaliknya
Mengubah pecahan menjadi persen atau sebaliknya
Mengubah pecahan menjadi permil atau sebaliknya
Menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan

E.   Materi Ajar
      1.  Megubah pecahan biasa menjadi bentuk desimal dan sebaliknya.








2. Mengubah pecahan biasa menjadi bentuk persen dan sebaliknya
           
           






3. Mengubah pecahan biasa menjadi bentuk permil dan sebaliknya
           

4. Menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan
      a.  sifat-sifat penjumlahan dan pengurangan pecahan
           
           
      a.   Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
           
           


F.     Model , Metode  dan Strategi Pembelajaran
Model Pembelajaran         :Kooperatif
Metode Pembelajaran       : Tanya Jawab, , latihan, Ekspositori

G.  Langkah-langkah Pembelajaran        
  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
  Menceritakan tentang kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan pecahan.
   Melaksanakan tanya jawab tentang materi yang lalu
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

  Kegiatan Inti
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, :
Peserta didik diminta  menyebutkan bentuk decimal, persen, dan permil berdasarkan pengetahuan siswa
Guru meluuruskan serta menyajikan bentuk-bentuk  pecahan
   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, :
Guru memberikan informasi tentang cara mengubah pecahan biasa menjadi campuran atau desimal dan sebaliknya
Siswa menyimaknya kemudian melakukan tanya jawab
Guru membagi kelas dalam kelompok diskusi dan mengerjakan soal
Guru memfasilitasi dan member arahan tentang langkah-langkah dalam menyelesaikan soal
salah satu kelompok mempresentasikan hasil jawabannya. Kelompok yang lain mengkritisi
   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi,:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaan rumah 
 Guru menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
Ucapan terima kasih dan pemberian reward pada kelompok terbaik

.
H.  Media  dan Sumber Belajar
   Sumber Belajar        : buku matematika konsep dan aplikasinya kelas 7 SMP
I.      Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrume
Instrumen/ Soal
o   Mengubah pecahan biasa menjadi desimal atau sebaliknya
o   Mengubah pecahan biasa menjadi persen atau sebaliknya
o   Mengubah pecahan menjadi permil atau sebaliknya
Tugas Indvidu

Kelompok
Isian


Uji kompetensin1 dan 2 di buku Matematika konsep dan aplikasinya kelas 7 SMP

                                                                                    Palembang, 11 September 2017
Guru Pamong                                                               Guru Mata Pelajaran



(R.M Nurhadi S.Pd)                                                     (Maharani)


Mengetahui ,
Kepala sekolah SMP Tamansiswa Palembang




(Dianasari, S.Pd)





Lembar Penilaian

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35






 
 CATATAN :
 Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.





Format Kriteria Penilaian


LEMBAR PENGAMATAN PERILAKU BERKARAKTER

Nama Kelompok :
Nama siswa         : …………………………
Kelas                   : …………………………


NO
RINCIAN TUGAS KINERJA

A

B

C

D
1.
Tekun dan teliti




2.
Disiplin




3.
Kejujuran





Keterangan :  A.   : Memuaskan
                        B    : Baik
                        C    :  Menunjukkan kemajuan
                        D     :  Memerlukan perbaikan

  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1





  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1














Lembar Penilaian

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34






 
 CATATAN :
 Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

LEMBAR KEGIATAN SISWA


Nama Kelompok : ..........
Anggota : .................

A.    UBAHLAH KE DALAM BENTUK PERSEN!
1.      2/5                         2. 1  2/4           3. 0,5               4. 3,2               5. ¾
6.   2,5                         7. 4/5               8. 4   2/5          9. 7,2               10. 5  1/2

B.     UBAHLAH KEDALAM BENTUK DESIMAL!
1.       25 %                     2. 15 %            3. 125 %          4. 135 %          5. 1 %

C.     UBAHLAH KE DALAM BENTUK YANG PALING SEDERHANA !
1.      75 %                      2. 25 %            3. 20 %            4.  5 %             5. 4 %



KUNCI LEMBAR KEGIATAN SISWA
A.     1. 40 %                       2. 150 %          3. 50 %            4. 320 %          5. 75 %
6.  250 %                     7. 80 %            8 440 %           9. 720 %          10.550 %

B.     1. 0,25                         2. 0,15             3. 1,25             4. 1,35             5. 0,01

C.     1. ¾                             2. ¼                 3.1/5                4. 1/20             5. 1/25



Kriteria Penilaian:

Jawaban benar skore =1
Jawaban salah skore =2

No comments:

Post a Comment

Sorga atau neraka

 Sorga itu sudah ada di dunia Hanya sedikit yang mau Banyak manusia lebih memilih dunia Jika dalam gembira kau gelisah Jika dalam susah kau ...