RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
                             
:   SMP Tamansiswa Palembang
Mata
Pelajaran                 
:   Matematika
Kelas/Semester                 
:    VII.3 / I
Alokasi
Waktu                  
:   3 x 40 ( 1 pertemuan )
A.   Standar  Kompetensi       :    1.    Memahami
Sifat-sifat operasi hitung dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.      
B.   Kompetensi Dasar  
        :    1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat 
C.   I n d i k a t or                   :
o     
Mengubah pecahan menjadi decimal
atau sebaliknya
o     
Mengubah pecahan menjadi persen
atau sebaliknya 
o     
Mengubah pecahan menjadi permil atau
sebaliknya 
o     
Menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dan
pengurangan pecahan
D.   Tujuan Pembelajaran
- Disajikan bentuk pecahan dan pernyataan siswa dapat :
 
 Mengubah Pecahan menjadi desimal atau sebaliknya
 Mengubah pecahan menjadi persen atau sebaliknya
 Mengubah pecahan menjadi permil atau sebaliknya
Menyelesaikan operasi hitung
penjumlahan dan pengurangan pecahan
E.   Materi Ajar

      1.  Megubah pecahan biasa
menjadi bentuk desimal dan sebaliknya.
2. Mengubah pecahan biasa menjadi
bentuk persen dan sebaliknya
            
3. Mengubah pecahan biasa menjadi
bentuk permil dan sebaliknya

4. Menyelesaikan operasi hitung penjumlahan
dan pengurangan pecahan
     
a.   sifat-sifat penjumlahan dan pengurangan pecahan

     
a.   Penjumlahan dan Pengurangan
Pecahan


F.     Model , Metode  dan Strategi Pembelajaran 
Model
Pembelajaran         :Kooperatif
Metode Pembelajaran      
: Tanya Jawab, , latihan, Ekspositori
G.  Langkah-langkah
Pembelajaran         
  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
  Menceritakan tentang kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan pecahan.
   Melaksanakan tanya jawab tentang materi yang lalu
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
  Kegiatan Inti
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, :
 Peserta
didik diminta  menyebutkan bentuk decimal, persen, dan permil berdasarkan
pengetahuan siswa
 Guru
meluuruskan serta menyajikan bentuk-bentuk  pecahan
   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, :
 Guru
memberikan informasi tentang cara mengubah pecahan biasa menjadi campuran atau
desimal dan sebaliknya
 Siswa
menyimaknya kemudian melakukan tanya jawab 
 Guru membagi
kelas dalam kelompok diskusi dan mengerjakan soal
 Guru
memfasilitasi dan member arahan tentang langkah-langkah dalam menyelesaikan soal
 salah satu
kelompok mempresentasikan hasil jawabannya. Kelompok yang lain mengkritisi
   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi,:
 Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
 Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan 
dan penyimpulan
  Kegiatan
Penutup
     
Dalam kegiatan penutup, guru:
 Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian
memberikan  pekerjaan rumah  
  Guru
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
 Ucapan
terima kasih dan pemberian reward pada kelompok terbaik
.
H.  Media  dan Sumber
Belajar
   Sumber Belajar        : buku matematika konsep dan
aplikasinya kelas 7 SMP
I.     
Penilaian
| 
   
Indikator Pencapaian 
Kompetensi 
 | 
  
   
Teknik
  Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrume 
 | 
  
   
Instrumen/
  Soal 
 | 
 
| 
   
o   Mengubah pecahan biasa menjadi desimal atau sebaliknya 
o   Mengubah pecahan biasa menjadi persen atau sebaliknya 
o   Mengubah pecahan menjadi permil atau sebaliknya  
 | 
  
   
Tugas Indvidu  
Kelompok 
 | 
  
   
Isian 
 | 
  
   
o   
Uji kompetensin1 dan 2
  di buku Matematika konsep dan aplikasinya kelas 7 SMP 
 | 
 
                                                                                    Palembang,
11
September 2017
Guru Pamong                                                               Guru
Mata Pelajaran
(R.M Nurhadi S.Pd)                                                     (Maharani)
Mengetahui
,
Kepala
sekolah SMP Tamansiswa Palembang
(Dianasari,
S.Pd)
Lembar
Penilaian
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Performan 
 | 
  
   
Produk 
 | 
  
   
Jumlah
  Skor 
 | 
  
   
Nilai 
 | 
 |
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 |||||
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
7. 
8. 
9. 
10. 
11 
12 
13 
14 
15 
16 
17 
18 
19 
20 
21 
22 
23 
24 
25 
26 
27 
28 
29 
30 
31 
32 
33 
34 
35 
 | 
  ||||||
 CATATAN :
 Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal )
X 10.
 Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Format Kriteria
Penilaian
LEMBAR PENGAMATAN PERILAKU BERKARAKTER 
Nama Kelompok : 
Nama
siswa         : …………………………
Kelas                  
: …………………………
| 
   
NO 
 | 
  
   
RINCIAN TUGAS KINERJA 
 | 
  
   
A 
 | 
  
   
B 
 | 
  
   
C 
 | 
  
   
D 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Tekun dan teliti 
 | 
  ||||
| 
   
2. 
 | 
  
   
Disiplin 
 | 
  ||||
| 
   
3. 
 | 
  
   
Kejujuran 
 | 
  
Keterangan :  A.   :
Memuaskan
                       
B    : Baik
                       
C    :  Menunjukkan kemajuan
                       
D     :  Memerlukan perbaikan 
  Produk ( hasil diskusi )
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Konsep 
 | 
  
   
* semua benar 
* sebagian besar benar 
* sebagian kecil benar 
* semua salah 
 | 
  
   
4 
3 
2 
1 
 | 
 
  Performansi 
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
2. 
 | 
  
   
Pengetahuan  
Sikap 
 | 
  
   
* Pengetahuan 
* kadang-kadang Pengetahuan 
* tidak Pengetahuan 
* Sikap 
* kadang-kadang Sikap 
* tidak Sikap 
 | 
  
   
4 
2 
1 
4 
2 
1 
 | 
 
Lembar
Penilaian
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Performan 
 | 
  
   
Produk 
 | 
  
   
Jumlah
  Skor 
 | 
  
   
Nilai 
 | 
 |
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 |||||
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
7. 
8. 
9. 
10. 
11 
12 
13 
14 
15 
16 
17 
18 
19 
20 
21 
22 
23 
24 
25 
26 
27 
28 
29 
30 
31 
32 
33 
34 
 | 
  ||||||
 CATATAN :
 Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal )
X 10.
 Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
LEMBAR
KEGIATAN SISWA
Nama Kelompok : ..........
Anggota : .................
A.   
UBAHLAH KE DALAM BENTUK PERSEN!
1.     
2/5                        
2. 1  2/4           3.
0,5              
4.
3,2              
5. ¾
6.  
2,5            
            7.
4/5              
8. 4   2/5          9.
7,2              
10. 5  1/2
B.    
UBAHLAH KEDALAM BENTUK DESIMAL!
1.     
 25
%                    
2. 15 %            3.
125 %          4. 135
%          5. 1 %
C.    
UBAHLAH KE DALAM BENTUK YANG PALING SEDERHANA !
1.     
75
%                     
2. 25 %            3. 20
%            4.  5
%             5. 4
%
KUNCI LEMBAR
KEGIATAN SISWA
A.   
 1. 40
%                      
2. 150 %          3. 50
%            4. 320
%          5. 75 %
6.  250
%                    
7. 80 %            8 440
%           9. 720
%          10.550 %
B.    
1. 0,25                        
2. 0,15            
3. 1,25            
4. 1,35            
5. 0,01
C.    
1.
¾                            
2. ¼                
3.1/5               
4. 1/20            
5. 1/25
Kriteria Penilaian:
Jawaban benar skore =1
Jawaban salah skore =2
No comments:
Post a Comment