MAKALAH SEMINAR MATEMATIKA
CARA CEPAT MENGHITUNG OPERASI
PERKALIAN ANGKA DUA DIGIT
Tugas
ini dibuat untuk memenuhi syarat
Mata
kuliah Seminar Matematika
Disusun
Oleh
Nama Mahasiswa : Maharani
NPM :14610011
Fakultas : FKIP Matematika
Semester : VIII
(Delapan)
Dosen
Pengampuh : Dr. Yusuf Hartono/
Malalina, S.Si. M.Pd.
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM
STUDI MATEMATIKA
PALEMBANG
2018
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur Kami panjatkan kehadirat Allah
SWT. Yang mana atas rahmat-Nya jualah saya dapat menyusun dan
menyelesaikan tugas makalah seminar matematika ini dengan judul “Cara cepat
menghitung operasi perkalian angka dua digit” sesuai dengan tepat waktunya.
Saya
menyadari dalam menyusun dan menyelesaikan tugas ini berkat adanya nikmat dan
ridho dari Allah SWT dan juga tidak lepas adanya bantuan dari beberapa pihak.
Untuk itu saya dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada semua pihak yang
ikut memmbantu dalam pembuatan makalah ini, khususnya kepada:
1. Bapak
Dr. Yusuf Hartono dan ibu Malalina, S.Si. M.Pd. selaku dosen pembimbing mata kuliah Seminar
Matematika.
2. Teman-teman
sejawat dan mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika, terutama teman-teman yang
mengambil mata kuliah seminar matematika yang telah terlibat langsung dalam
memberikan saran-saran dan bantuan yang sangat membantu penulis dalam
menyelesaikan makalah ni.
Demikianlah
semoga tugas yang saya susun ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca.
Saya pun menyadari dalam penyusunan tugas ini masih jauh dari kesempurnaan baik
dari bentuk penyusunan maupun materi yang saya sampaikan. Kritik dan saran dari
pembaca sangat saya harapkan agar selanjutnya tugas saya buat lebih baik dan
benar.
Palembang,
Juni 2018
Penyusun
Maharani
NPM. 14610011
HALAMAN
PENGESAHAN
CARA
CEPAT MENGHITUNG PERKALIAN DUA DIGIT
Nama : MAHARANI
NPM :14610011
Telah
diuji dan lulus pada :
Hari : Sabtu
Tanggal : 30 Juni 2018
Penguji :
1. Dr. Yusuf
Hartono ( )
2. Malalina, S.Si.,
M.Pd. ( )
3.
Palembang, 10 Juli 2018
Dekan FKIP Univ. Tamansiswa
Palembang
Dr. H. Purwoko, M.Si.
DAFTAR ISI
Halaman Judul
Kata
Pengantar ..................................................................................................................
Daftar
Isi ............................................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
Latar
belakang ...................................................................................................................
Rumusan
Masalah ..............................................................................................................
Tujuan
Penelitian ...............................................................................................................
Manfaat
Penelitian .............................................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
Pengertian,
sifat dan jenis Operasi perkalian
bilangan bulat puluhan ...............................
Cara
cepat menghitung operasi perkalian bilangan puluhan ..............................................
Kelebihan
dan Kekurangan ...............................................................................................
BAB III PENUTUP
Kesimpulan .......................................................................................................................
Saran
..................................................................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA .......................................................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Secara
garis besar, pelajaran matematika meliputi kemampuan berhitung, berlogika, dan
menganalisis. Kita sekarang memasuki dunia aritmatika, yitu berhitung super
cepat. Maka dari itu pelajaran
matematika sudah menjadi pemecah masalah sehari-hari.
Aritmatika
adalah sebuah cabang matematika yang membahas mengenai proses pengolahan dan
penghitungan angka. Materi ini memberikan penghitungan dasar matematika
yang akan sangat berguna untuk pembelajaran matematika lainnya. Dapat dikatakan
bahwa materi ini adalah dasar dari matematika, dimana materi ini mencakup
konsep seperti menghitung, mengidentifikasi angka dan bilangan, serta
mempelajari fakta dasar matematika. Kurikulum di sekolah dasar sering membahas
sebagian besar konsep dalam aritmatika.
Ini
adalah matematika dasar yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Pada dasarnya, mater ini bukanlah materi yang sulit untuk dipelajari dan disisi
lain juga merupakan sarat dasar untuk belajar matematika. Salah satunya
perkalian bilangan bulat.
Bagaimana
kamu hendak menguasai matematika jika perkalian? Dalam dunia Aritmatika terdapat
macam-macam jenis strategi atau trik perkalian, pembagian, penambahan dan
pengurangan yang bisa dilakukan lebih cepat dari cara-cara yang biasa kamu
lakukan.
Strategi
ini dilakukan tanpa menggunakan alat tulis maupun alat hitung, melainkan
langsung dilakukan diluar kepala. Walaupun begitu kamu pasti akan menemukan
jawaban yang lebih cepat daripada menggunakan alat hitung atau mesin hitung
sekalipun.
Banyak
keadaan yang memungkinkan kamu memerlukan bantuan strategi aritmatika serta
bisa menjadikan alasan kenapa kamu harus
belajar aritmatika yaitu ketika kalkulator kamu rusak atau baterenya habis,
ketika saat tes-tes tertentu kamu tidak diizinkan menggunakan kalkulator baik
sehari-hari atau pun saat ujian pelajaran matematika, dan ketika kamu
menginginkan jawaban secara cepat dan bisa diselesaikan tanpa menggunakan
kalkulator.
Untuk
mengatasi hal itu, kamu hanya butuh
belajar serta menguasai aritmatika dari sekarang. Namun saya mengkhususkan
perkalian bilangan bulat berangka puluhan atau dua digit. Pada kesempatan kali
ini saya akan menuliskan makalah mata kuliah seminar matematika dengan judul “Cara cepat menghitung perkalian angka dua digit”.
B.
Rumusan
Masalah
Adapun
rumusan masalah pada makalah ini adalah bagaimanakah cara cepat menghitung
perkalian bilangan puluhan tanpa menggunakan kalkulator?
C.
Tujuan
Penelitian
Tujuan
makalah ini adalah untuk memperkenalkan cara cepat dalam menghitung perkalian
bilangan puluhan tanpa menggunakan kalkulator.
D.
Manfaat
Penelitian
Manfaat
penerapan menghitung bilangan puluhan dengann cara cepat adalah :
1) Membantu
siswa dalam menyelesaikan soal operasi bilangan, terutama dalam perkalian
bilangan bulat puluhan.
2) Pandangan
siswa terhadap matematika bukan lagi salah satu materi yang sulit dipelajari.
3) Dapat
menghilangkan rasa kejenuhan pada siswa dalam menyelesaikan soal-soal operasi
bilangan.
4) Dapat
diselesaikan dengan dengan mudah, cepat dsn praktis.
BAB
II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
A. Pengertian, sifat dan jenis Operasi perkalian bilangan bulat puluhan
Kita
ketahui bahwa perkalian merupakan operasi penjumlahan berulang dengan bilangan
yang sama. Agar lebih memahami maksud pernyataan tersebut silahkan perhatikan
contoh berikut.
3
× 2 = 2 + 2 + 2 = 6
2
× 3 = 3 + 3 = 6
Meskipun
hasil akhirnya sama, perkalian 3 × 2 dan 2 × 3 memiliki arti yang berbeda, di
mana 3 × 2 artinya tiga kali duanya, sedangkan 2 × 3 artinya dua kali tiganya.
Secara umum, pernyataan tersebut dapat dituliskan bahwa “Jika n adalah sebarang
bilangan bulat positif maka: n × a = a + a + a . . . + a, di mana n merupakan
banyaknya suku a”
Cara
mengoperasikan perkalian bilangan bulat puluhan, yaitu :
1 4
1 7 +
9 8 (7 × 14)
1 4
+ (1 × 14) letakkan maju satu digit
2
3 8
B. Cara
cepat menghitung operasi perkalian bilangan puluhan
a. Cara
istimewa 1
Strategi ini akan berlaku jika kamu mengalikan
2 bilangan berangka puluhan yang memiliki ciri khas seperti yaitu, bilangan
pengalinya harus memiliki puluhan yang sama dan satuan yang berjumlah 10. Contoh
: 17
13, 36
34, 37
33, dan lain-lain
Misalnya
:
Contoh
pertama : 17
13
=
Langkah
1 : puluhan 1 ditambah 1 = 2, lalu dikali dengan angka puluhannya yaitu 1
(1
+ 1)
Langkah
2 : hasil langkah 1 dijadikan hasil sementara operasinya. 17
13
= 2 …
Langkah
3 : angka satuannya di kalikan. 7
3
= 21
Langkah
4 : hasil kali 21 diletakkan pada titik titik dilangkah (2). 17
13
= 221
Maka rumusnya adalah :
Keterangan
:
:
angka puluhan
:
angka satuan pertama
:
angka satuan pertama
Namun rumus
ini tidak bisa berlaku pada perkalian puluhan kembar yang angka
satuannya 9 dan 1. Peneliti mencoba trik ini dengan
berbagai perkalian kembar yang angka satuannya berjumlah sepuluh hampir semua
nya benar tetapi yang salah hanya pada perkalian yang angka satuannya 9 dan
1. Seperti dilihat dari tabel.
SOAL
|
p
|
p × (p+1)
|
|
|
|
hasilnya
|
|
19 × 11
|
1
|
2
|
9
|
1
|
9
|
29
|
SALAH
|
18 × 12
|
1
|
2
|
8
|
2
|
16
|
216
|
|
17 × 13
|
1
|
2
|
7
|
3
|
21
|
221
|
|
16 × 14
|
1
|
2
|
6
|
4
|
24
|
224
|
|
15 × 15
|
1
|
2
|
5
|
5
|
25
|
225
|
|
29 × 21
|
2
|
6
|
9
|
1
|
9
|
39
|
SALAH
|
28 × 22
|
2
|
6
|
8
|
2
|
16
|
316
|
|
27 × 23
|
2
|
6
|
7
|
3
|
21
|
321
|
|
26 × 24
|
2
|
6
|
6
|
4
|
24
|
324
|
|
25 × 25
|
2
|
6
|
5
|
5
|
25
|
325
|
|
39 × 31
|
3
|
12
|
9
|
1
|
9
|
49
|
SALAH
|
Maka
trik ini bisa dicoba jika ada perkalian puluhan kembar yang angka satuan
berjumlah 10 selain angka satuannya 9 dan 1.
b. cara
istimewa 2
Strategi
ini bisa berlaku untuk semua perkalian bilangan 2 digit.
Contoh
: 45
62
=
Langkah 1 :
4 5
6 2 +
|
(4
2)
+ (6
5)
= 8 + 30 = 38
Langkah 2 : hasil langkah (1) dijadikan hasil sementara namun karena
harus 3 angka
maka ditambah 0 didepannya yaitu 038
4
5
6 2
+
038
|
Langkah 3 : kali lurus atau angka puluhan dikali dengan angka puluhan dan
angka satuan
dikali
dengan angka satuan. Hasilnya dijadikan sebagai hasil sementara yg kedua
4
5
6
2 +
0 3 8
2 4 10 +
|
|
|
Langkah
4 : jumlahkan kedua hasil sementara
tersebut.
4
5
6
2 +
0 3 8
2 4 10 +
2 7 9 0
|
|
c. cara istimewa 3
Strategi
ini digunakan jika angka puluhannya
mendekati 100.
Contoh
: 92
89
=
Langkah
1 : angka 92 itu kurang 8 jika dihasilkan 100, dan angka 89 itu kurang 11.
Langkah
2 : Letakkan hasilnya masing masing dibawah angkanya
92
89 =
-8 -11
Langkah
3 : pengali yang pertama yaitu 92, dikurangkan dengan -11
(
dibawah pengali lainya). Hasilnya 81 dijadikan hasil sementara, 92
89
= 81…
Langkah
4 : lalu angka dibawahnya (angka hasil dari langkah 1) dikalikan, maka 8
11
= 88.
88 dijadikan hasil yang
akan di letakkan pada titik di langkah 3.
Langkah
terakhir : maka hasilnya 92
89
= 81 88
C. Kelebihan
dan Kekurangan
Strategi
cara cepat menghitung operasi perkalian bilangan
puluhan atau angka dua digit ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.
Kelebihannya :
1. Membantu
siswa mmenjawab soal-soal perkalian dengan cepat dan mudah.
2. Membantu
siswa menyelesaikan soal yang memungkinkan waktu yang sedikit.
3. Menghemat
waktu
4. Membatu
siswa berpikir kreatif.
Kelemahannya
:
1. Dapat mengakibatkan siswa salah dalam memahami
konsep matematika.
2. Metode
pembelajaran cara cepat ini hanya bisa
digunakan dalam operasi perkalian bilangan puluhan attau angka dua
digit.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Rumus
cepat menghitung operasi perkaliaan bilangan bulat puluhan dapat membantu siswa
dalam menyelesaikan soal dengan cepat dan mudah.
Ada
tiga cara cepat dalam menyelesaikan operasi perkalian bilangan puluhan atau
angka dua digit. Dengan menggunakan cara cepat operasi bilangan bulat puluhan
atau angka duuai digit ini juga terdapt kelebihan dan kekurangan. Penggunaan
rumus cara cepat operasi perkalian angka dua digit juga harus didasari konsep
dasar dan pengetahuan yang mendalam tentang materi perkalian bilangan.
B.
Saran
Dengan
penggunaan cara cepat mengitung operasi pekalian angka dua digit ini
dihharapkan bisa memotivasi siswa dalam berpikir kreatif dan membantu siswa
menjawab soal-soal dengan cepat dan mudah.
DAFTAR PUSTAKA
Yuriza
P. 2008. MATH QUICK Trik Berhitung Super Cepat. Indonesia : Kembar Sembilan.
Trik cepat perkalian
semua angka 2 digit - YouTube
link : https://www.youtube.com/watch?v=IrB_Ys_oUGc
No comments:
Post a Comment