Monday 14 November 2011

Haji Dahalek Ulama dari Desa Benawa


Dahalek adalah seorang ulama yang tinggal di desa Kecamatan Tanjung Ogan komering ilir. Dikenal dengan sebutan Haji Dahalek, karena ia sering memberikan ceramah dan nasehat kepada orang kampung, ia sering datang ke desa-desa lainnya dan tak lupa pula ia berceramah disana.
Suatu hari haji dahalek tidak mengikuti shalat jumat dikampungnya, orang kampung banyak membicarakannya, setelah dicek ternyata ia ada dirumahnya, padahal setiap hari jum’at ia melaksanakan shalat jumat di mekah,  fisiknya saja yang ada dirumah sementara rohnya ada dimekah. Meskipun demikian orang tak juga  percayaakan hal itu, untuk membuktikan hal itu keyakinan pada diri warga, lalu diceklah kebenaran itu.
Ketika segerombolan orang pulang dari shalat jumat. Bersamaan dengan itu pula Dahalek pulang, seorang laki-laki menyapanya “hai haji dahalek dari mana kau?” “baru saja pulang dari dari shalat jumat, hei apakah kau ingin oleh-oleh yang saya bawa dari shalat?”
Dahalek mengambil setangkai kurma dan dibagikan kepada orang oarang yang baru pulang dari shalat jumat. Betapa kagetnya mereka melihat peristiwa yang terjadi itu, baru lah mereka percaya bahwa Haji Dahalek  melaksanakan shalat di makah.
Sehingga ia dikenal sebagai ulama sejak itu, dan ia sering pergi dalam waktu yang lama , jika ada masalah ikampungnya barulah ia pulang. Suatu ketika haji dahalek pergi, kepergiannya itu tak ada kabar kapan ia akan kembali. Dan satu bulan telah berlalu.
Salah satu keluarga Haji Dahalek bertanya kepada sahabat Dahalek “pernah kah kau melihat Haji  Dahalek beberapa hari ini?” “ya, kemarin aku bertemu dengannya, ia berkata bahahwa besok ia akan pulang.”jawab sabat Haji Dahalek. Betul pada saat menjelang malam, terdengar suara ketukan pintu “asalamualaikum!”
Saat dibukakan pintu tanpak benar sekali yang datang itu adalah Haji Dahalek , yang membuat keluarga Haji Dahalek sangat senang. Belum lama kedatangan haji Dahalek, ia tertidur namun tak kunjung bangun, sehingga tersebar bahwa haji Dahalek meningga. Lalu keuarganya mengundang orang pintaragar segera dapat dikuburkan.
Dan seorang ahli mengatakan “saya harap ia jangan dahulu dikuburkan, karena tampaknya ia hanya mati suri saja”pendapat itu tak menjadi tanggapan keluarga haji dahalek, lau mereka minta agar jasad Haji Dahalek segera dikuburkan, karena itu adalah permintaan keluarga maka pada akhirnya dikabulkan juga. Masyaraka juga keluarga mengantarkan  Jasagdhaji Dahalek kekuburan untuk dikebumikan.
Beberapa hari yang lalu datanglah utusan dari laki-laki yang baru saja turun dari perahu, “pak saya mohon tanya, dimana rumah Haji Dahalek” “itu rumahnya.”
Ketika ia sampai kerumah haji Dahalek ia berkata kepada keluarga Haji Dahalek “ini kiriman haji dahalek, mohon diterima.” “enar iani kiriman dari haji dahalek”
“benar ia sendiri yang mengatakan itu. Ia bilang tolong sampaikan langsung pada keluarganya”. Dan betapa terkejutnya keluarga Haji Dahalek mendengar berita itu, karena baru saja mereka menguburkan jasad haji dahalek, dan kini ada kiriman dari haji dahalek.
Disebabkan karena rasa keingintahuan mereka, segera mereka menyusul apa yang terjadi sebenarnya ada orang tuanya. Disaat mereka mulai memasuki desa itu dan berkata “dimana temat kediaman Haji Dahalek?” “nah baru saja saya melihat beliau dari rumah ituia sedang mengajar mengaji disana, mungkin masih berada disana” mendengar penjelasan itu mereka langsu menemuinya “pak saya mau tanya apakah anda melihat haji dahalek”.
“wah baru saja, beliau meninggalkan rumah ini, mungkin belum jauh,” jawab tuan rumah sambil menunjukkan arah tempat keluarnya Haji Dahalek. Beberapa rumah mereka datangi tetapi selalu saja mengatakan baru saja meninggalkan rumah mereka. Dan mereka mendapat nasehat agar segera membongkar kuburan Haji Dahalek. Terbukti ketika mereka membngkar kuburan Haji Dahalek, betapa terkejutnya mereka bahwa isi kuburan itu tidak ada lagi. Lalu tersebarlah bahwa haji dahalek dapat hidup lebih dari satu tempat. Dan keluarga Haji Dahalek menyadari bahwa Haji Dhalek memiliki kelebihan seperti itu. (M.Kamil) 

2 comments:

  1. bpk.insan kamil cerita ini bersumber dari mana,trims

    ReplyDelete
  2. Pak insan kamil bolehkan kami lebih mendalami sumber cerita yg didapat

    ReplyDelete

Sorga atau neraka

 Sorga itu sudah ada di dunia Hanya sedikit yang mau Banyak manusia lebih memilih dunia Jika dalam gembira kau gelisah Jika dalam susah kau ...