Sunday 24 January 2016

RPP SDN 95 Palembang (nurjuita)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SD : SD Negeri 95 Palembang Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Standar Kompetensi : 3. Menampilkan Sikap Demokratis. Kompetensi Dasar : 3.1. Mengenal kegiatan bermusyawarah. 3.2. Menghargai suara terbanyak (mayoritas). 3.3 Menampilkan sikap mau menerima kekalahan. Kelas/Semester : II/ 2 (Genap) Waktu : 6 x 35 Menit ( 3 x pertemuan) A. Standar Kompetensi 3. Menampilkan sikap demokrasi. B. Kompetensi Dasar 3.1. Mengenal kegiatan bermusyawarah. 3.2. Menghargai suara terbanyak (mayoritas). 3.3 Menampilkan sikap mau menerima kekalahan. C. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengenal kegiatan bermusyawarah 2. Siswa dapat menampilkan sikap yang baik dalam musyawarah 3. Siswa dapat menghargai hasil keputusan suara yang terbanyak 4. siswa dapat menampilkan sikap mau menerima kekalahan. D. Indikator - Menjelaskan pentingnya sikap bermusyawarah. - Menunjukkan sikap menerima hasil musyawarah. - Menjelaskan cara menghargai suara terbanyak untuk menentukan suatu tempat. - Menunjukkan sikap ikhlas menerima kekalahan. E. Materi Pokok Sikap Demokratis F. Metode: Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan, dan presentasi G. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan Pertama: 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan 1. Apersepsi dengan cara guru bercerita tentang pentingnya sikap bermusyawarah. 2. Motivasi siswa untuk melakukan sikap bermusyawarh baik di sekolah, di rumah dengan anggota keluarga. 3. Menjelaskan tujuan pembelajaran dan penilaian yang akan dicapai. 2. Kegiatan Inti - Secara berkelompok mendiskusikan tugas: - Mendiskusikan tugas tentang melakukan tindakan di rumah yang menunjukkan sikap bermusyawarah dengan anggota keluarga. - Menyebutkan beberapa contoh bermusyawarah di dalam rumah. - Melaporkan hasil kerja kelompok berkaitan dengan musyawarah di rumah. - Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar. - Pemajangan hasil kerja siswa. 3. Penutup - Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar. - Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari. - Guru memberikan Tugas Rumah (PR). Pertemuan Kedua: 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan - Apersepsi dengan cara guru bercerita tentang Etika bermusyawarah di sekolah. - Motivasi siswa untuk selalu melakukan tindakan Etika bermusyawarah di sekolah. - Menjelaskan tujuan pembelajaran dan penilaian yang akan dicapai. 2. Kegiatan Inti - Secara berkelompok mendiskusikan tugas: - Tentang tindakan Etika bermusyawarah di sekolah yaitu hal yang harus dilakukan dan siapa yang melakukan. Misalnya: Memilih ketua kelas - Melaporkan hasil kerja kelompok berkaitan dengan tindakan hidup rukun di sekolah. - Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar. - Pemajangan hasil kerja siswa. 3. Penutup - Kegiatan refleksi tentang proses clan hasil kegiatan pembelajaran. - Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar berkaitan dengan hidup rukun di sekolah. - Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari. - Tindak lanjut (PR). Pertemuan Ketiga: 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan - Apersepsi dengan cara guru menyajikan cara melakukan voting/pemungutan suara dan bersikap menerima kekalahan. - Motivasi siswa untuk melakukan pembiasaan melakukan voting/pemungutan suara dan bersikap menerima kekalahan. - Menjelaskan tujuan pembelajaran dan penilaian yang akan dicapai. 2. Kegiatan Inti - Secara berkelompok mendiskusikan tugas: tentang hal atau tindakan yang biasa dilakukan di dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya: mengucapkan permisi, saat dilakukan yaitu saat lewat depan orang lain dan seterusnya. - Melaporkan hasil kerja kelompok berkaitan dengan pembiasaan sikap berdemokrasi dimanapun berada melalui diskusi kelas. - Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar. - Pemajangan hasil kerja siswa. 3. Penutup - Kegiatan refleksi tentang proses clan hasil kegiatan pembelajaran. - Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar tentang pembiasaan hidup bermusyawarah. - Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja diberikan. ‘ - Tindak lanjut (PR). H. Sumber/Alat dan Bahan 1. Sumber: Buku paket dan buku lain yang relevan. 2. Alat dan Bahan/Alat Peraga - Buku Paket pkn - Gambar-gambar yang berkaitan tentang sikap berdemokrasi. I.Penilaian - Tes tertulis - Penguasaan Konsep A. Penguasaan Konsep Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c di depan jawaban yang tepat! 1. musyawarah dilakukan untuk mencapai ……. a. mufakat b sepakat c. semangat 2. kebiasaan bermusyawarah akan membuat kehidupan menjadi…….. a. carut-marut b. nestapa c. harmonis 3. musyawarah untuk mufakat dilandasi semangat…..... a. kekeluargaan b. kemandirian c. kemerdekaan 4. suara terbanyak disebut juga suara……….. a. minoritas b. mayoritas c. sumbang 5. pemilihan ketua kelas adalah contoh musyawarah dilingkungan…….. a. masyarakat b. keluarga c. sekolah B. Penerapan Isilah titik-titik dibawah ini dengan tepat! 1. untuk mencapai kesepakatan bersama harus diadakan………... 2. Kita tidak boleh memaksakan kehendak kepada………. 3. Sikap yang baik ketika pendapat kita tidak diterima adalah………... 4. keputusan musyawarah yang telah dicapaiharus………….. 5. Mufakat mempunyai arti yang sama dengan kata……….. C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Jelaskan manfaat dari musyawarah ?! Jawab: _____________________________________________________________________ __________________________________________________________________________________________________________ 2. Sebutkan apa yang dimaksud dengan musyawarah ? Jawab: _____________________________________________________________________ __________________________________________________________________________________________________________ _3. Sebutkan contoh dari musyswarah di sekolah ? Jawab: ______________________________________________________________________ __________________________________________________________________________________________________________ 4. Sebutkan ciri-ciri musyawarah yang kamu ketahui ! Jawab: _____________________________________________________________________ __________________________________________________________________________________________________________ 5. Apa yang harus dilakukan jika terjadi perbedaan pebedaan suara ? Jawab: _____________________________________________________________________ __________________________________________________________________________________________________________ Mengetahui, Palembang . Januari 2016 Kepala SD Negeri 95 Palembang Guru Kelas II. B Dra. Kasnawati, M.Si Nurjuita, S.Pd NIP.196302261983082001 NIP.197002062014072004 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SD : SD Negeri 95 Palembang Mate Pelajaran : Matematika Standar Kompetensi : 3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka. Kompetensi Dasar : 3.1. Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka. Kelas/Semester : II/2 (Genap) Waktu : 15 x 35 Menit (5 x pertemuan) A. Standar Kompetensi 3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka. B. Kompetensi Dasar 3.1.Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka. .C. Tujuan Pembelajaran - Siswa dapat: - mengenal arti dari perkalian pengulangan berulang. - mengenal sifat pertukaran pada perkalian. - mengenal sifat perkalian dengan bilangan nol - melakukan operasi hitung perkalian. - mengingat fakta perkalian sampai 100 D. Indikator - Mengenal perkalian sebagai penjumlahan berulang. - Menghitung secara cepat perkalian bilangan dua angka. - Mengingat fakta perkalian sampai 5 x 10 dengan berbagai cara. - Bentuk perkalian menjadi bentuk pembagian. - Membaca dan menggunakan simbol X dalam pengerjaan hitung. - Menuliskan bilangan dua angka dalam bentuk panjang. -Memecahkan soal cerita yang mengandung perkalian. E. Materi Pokok - Perkalian. F. Metode 1. Ceramah 4. Penugasan 2. Tanya jawab 5. Presentasi 3. Diskusi G. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan Pertama: 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan - Apersepsi dengan cara menghitung banyaknya benda misalnya: kerikil dikelompokan dengan jumlah yang sama - Motivasi siswa untuk dapat mengalikankan dengan cara berulang. - Menjelaskan tujuan pembelajaran dan penilaian yang akan dicapai. 2. Kegiatan Inti - Secara berkelompok mendiskusikan tugas: untuk megelompokkan kelereng dan kerikil yang telah dipersiapkan dengan jumlah yang sama dipandu oleh guru. - Mencatat hasil diskusi kelompok pada lembar kerja siswa. - Melaporkan hasil diskusi kelompok dan ada diskusi kelas. - Pemajangan hasil kerja siswa. 3. Penutup - Kegiatan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan pembelajaran. - Penegasan-penegasan berkaitan dengan perkalian. - Tugas, tindak lanjut (PR). Pertemuan Kedua: 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan - Apersepsi dengan cara guru mengulang pelajaran yang lalu. - Motivasi siswa untuk dapat melakukan perkalian dengan sifat pertukaran - Menjelaskan tujuan pembelajaran dan penilaian yang akan dicapai. 2. Kegiatan Inti - Secara berkelompok mendiskusikan tugas: yang diberikan guru yaitu perkalian dengan sifat pertukaran pada lembar kerja. - Mencatat hasil diskusi pada lembar kerja. - Melaporkan hasil diskusi kelompok pada diskusi kelas. - Tukar-menukar hasil kerja kelompok untuk saling dikoreksi. - Pemajangan hasil kerja kelompok. 3. Penutup - Kegiatan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan pembelajaran. - Penegasan-penegasan berkaitan dengan membandingkan dua kumpulan benda. - Tugas, tindak lanjut (PR). Pertemuan ketiga: 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan - Apersepsi dengan cara menghitung perkalian dengan bilangan satu. - Motivasi siswa untuk dapat melakukan perkalian dengan bilangan satu. - Menjelaskan tujuan pembelajaran dan penilaian yang akan dicapai. 2. Kegiatan Inti - Secara berkelompok mendiskusikan tugas: untuk megelompokkan kelereng dan kerikil yang telah dipersiapkan dengan jumlah yang sama dipandu oleh guru. - Mencatat hasil diskusi kelompok pada lembar kerja siswa. - Melaporkan hasil diskusi kelompok dan ada diskusi kelas. - Pemajangan hasil kerja siswa. 3. Penutup - Kegiatan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan pembelajaran. - Penegasan-penegasan berkaitan dengan perkalian. - Tugas, tindak lanjut (PR). Pertemuan Keempat: 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan - Apersepsi dengan cara guru mengulang pelajaran yang lalu. - Motivasi siswa untuk dapat melakukan operasi hitung perkalian . - Menjelaskan tujuan pembelajaran dan penilaian yang akan dicapai. 2. Kegiatan Inti - Secara berkelompok mendiskusikan tugas: yang diberikan guru yaitu operasi hitung Perkalian pada lembar kerja. - Mencatat hasil diskusi pada lembar kerja. - Melaporkan hasil diskusi kelompok pada diskusi kelas. - Tukar-menukar hasil kerja kelompok untuk saling dikoreksi. - Pemajangan hasil kerja kelompok. 3. Penutup - Kegiatan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan pembelajaran. - Penegasan-penegasan berkaitan dengan operasi hitung perkalian. - Tugas, tindak lanjut (PR). Pertemuan kelima : 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan - Apersepsi dengan cara guru mengulang pelajaran yang lalu. - Motivasi siswa untuk dapat melakukan perkalian sampai 100. - Menjelaskan tujuan pembelajaran dan penilaian yang akan dicapai. 2. Kegiatan Inti - Secara berkelompok mendiskusikan tugas: yang diberikan guru yaitu menghitung perkalian sampai 100 pada lembar kerja. - Mencatat hasil diskusi pada lembar kerja. - Melaporkan hasil diskusi kelompok pada diskusi kelas. - Tukar-menukar hasil kerja kelompok untuk saling dikoreksi. - Pemajangan hasil kerja kelompok. 3. Penutup - Kegiatan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan pembelajaran. - Penegasan-penegasan berkaitan dengan perkalian sampai 100. - Tugas, tindak lanjut (PR). H. Sumber/Alat dan Bahan 1. Sumber a. Buku Paket Matematika Kelas tl. b. Buku lain yang relevan. 2. Alat dan Bahan a. Kelereng, kerikil. gambar. I, Penilaian Tes Tertulis Mengetahui, Palembang . Januari 2016 Kepala SD Negeri 95 Palembang Guru Kelas II. B Dra. Kasnawati, M.Si Nurjuita, S.Pd NIP.196302261983082001 NIP.197002062014072004 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SD : SD Negeri 95 Palembang Mate Pelajaran : Matematika Standar Kompetensi : 3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka. Kompetensi Dasar : 3.2. Melakukan pembagian bilangan dua angka. Kelas/Semester : II/2 (Genap) Waktu : 15 x 35 Menit (5 x pertemuan) A. Standar Kompetensi 3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka. B. Kompetensi Dasar 3.2. Melakukan pembagian bilangan dua angka. .C. Tujuan Pembelajaran - Siswa dapat: - mengenal arti dari pembagian - mengenal sifat pembagian bilangan. - melakukan opersi hitung pembagian. - mengingat fakta pembagian sampai 100. - mengubah perkalian menjadi bentuk pembagian dan sebaliknya. - melakukan operasi hitung campuran. D. Indikator - Membagi dengan cara pengurangan berulang. - Perkalian lawan dari pembagian. -Pasangan bilangan yang dibagi dalam pembagian sama dengan hasil kali pada perkalian. E. Materi Pokok - Pembagian F. Metode 1. Ceramah 2. Penugasan 3. Tanya jawab 4. Presentasi 5. Diskusi G. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan Pertama: 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan - Apersepsi dengan cara menghitung banyaknya benda melalui pembagian. - Motivasi siswa untuk dapat menghitung banyaknya dengan cara membagi. - Menjelaskan tujuan pembelajaran dan penilaian yang akan dicapai. 2. Kegiatan Inti - Secara berkelompok mendiskusikan tugas: pembagian dipandu oleh guru. - Mencatat hasil diskusi kelompok pada lembar kerja siswa. - Melaporkan hasil diskusi kelompok dan ada diskusi kelas. - Pemajangan hasil kerja siswa. 3. Penutup - Kegiatan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan pembelajaran. - Penegasan-penegasan berkaitan dengan pembagian. - Tugas, tindak lanjut (PR). Pertemuan Kedua: 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan - Apersepsi dengan cara guru mengulang pelajaran yang lalu. - Motivasi siswa untuk dapat melakukan pembagian bilangan. - Menjelaskan tujuan pembelajaran dan penilaian yang akan dicapai. 2. Kegiatan Inti - Secara berkelompok mendiskusikan tugas: yang diberikan guru yaitu pembagian blangan pada lembar kerja. - Mencatat hasil diskusi pada lembar kerja. - Melaporkan hasil diskusi kelompok pada diskusi kelas. - Tukar-menukar hasil kerja kelompok untuk saling dikoreksi. - Pemajangan hasil kerja kelompok. 3. Penutup - Kegiatan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan pembelajaran. - Penegasan-penegasan berkaitan dengan pembagian bilangan. - Tugas, tindak lanjut (PR). Pertemuan ketiga: 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan - Apersepsi dengan cara menghitung pembagian dengan bilangan satu. - Motivasi siswa untuk dapat melakukan pembagian dengan bilangan satu. - Menjelaskan tujuan pembelajaran dan penilaian yang akan dicapai. 2. Kegiatan Inti - Secara berkelompok mendiskusikan tugas: untuk melakukan pembagian bilangan satu yang dipandu oleh guru. - Mencatat hasil diskusi kelompok pada lembar kerja siswa. - Melaporkan hasil diskusi kelompok dan ada diskusi kelas. - Pemajangan hasil kerja siswa. 3. Penutup - Kegiatan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan pembelajaran. - Penegasan-penegasan berkaitan dengan perkalian. - Tugas, tindak lanjut (PR). Pertemuan Keempat: 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan - Apersepsi dengan cara guru mengulang pelajaran yang lalu. - Motivasi siswa untuk dapat melakukan operasi hitung pembagian . - Menjelaskan tujuan pembelajaran dan penilaian yang akan dicapai. 2. Kegiatan Inti - Secara berkelompok mendiskusikan tugas: yang diberikan guru yaitu operasi hitung Pembagian pada lembar kerja. - Mencatat hasil diskusi pada lembar kerja. - Melaporkan hasil diskusi kelompok pada diskusi kelas. - Tukar-menukar hasil kerja kelompok untuk saling dikoreksi. - Pemajangan hasil kerja kelompok. 3. Penutup - Kegiatan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan pembelajaran. - Penegasan-penegasan berkaitan dengan operasi hitung pembagian. - Tugas, tindak lanjut (PR). Pertemuan kelima : 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan - Apersepsi dengan cara guru mengulang pelajaran yang lalu. - Motivasi siswa untuk dapat melakukan pembagian sampai 100. - Menjelaskan tujuan pembelajaran dan penilaian yang akan dicapai. 2. Kegiatan Inti - Secara berkelompok mendiskusikan tugas: yang diberikan guru yaitu menghitung pembagian sampai 100 pada lembar kerja. - Mencatat hasil diskusi pada lembar kerja. - Melaporkan hasil diskusi kelompok pada diskusi kelas. - Tukar-menukar hasil kerja kelompok untuk saling dikoreksi. - Pemajangan hasil kerja kelompok. 3. Penutup - Kegiatan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan pembelajaran. - Penegasan-penegasan berkaitan dengan pembagian sampai 100. - Tugas, tindak lanjut (PR). H. Sumber/Alat dan Bahan 1. Sumber 2. Buku Paket Matematika Kelas tl. 3. Buku lain yang relevan. 4. Alat dan Bahan I, Penilaian. Tes Tertulis Mengetahui, Palembang . Januari 2016 Kepala SD Negeri 95 Palembang Guru Kelas II. B Dra. Kasnawati, M.Si Nurjuita, S.Pd NIP.196302261983082001 NIP.197002062014072004 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SD : Mate Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Standar Kompetens : 3. Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya Kompetensi Dasar : 3.1.Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar. Tema : Komunikasi Kelas/Semester : II/ 2 (Genap) Waktu : 15 x 35 Menit ( 5 x pertemuan) A. Standar Kompetensi 3. Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya B. Kompetensi Dasar 3.1.Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar. C. Tujuan Pembelajaran -Menyebutkan contoh alat rumah tangga rumah yang menghasilkan energi panas - menunjukan sumber energi panas, bunyi, dan cahaya. - Menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menggunakan energy listrik - Siswa dapat menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menggunakan energy listrik. D. Indikator - Mencari contoh alat-alat rumah tangga yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya. - Menjelaskan sumber energi yang menghasilkan panas. - Menunjukkan sumber energi bunyi. - Mencari contoh sumber energi yang menghasilkan cahaya. -Mencari contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik. E. Materi Pokok a. sumber-sumber energi F. Metode 1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Presentasi 4. Penugasan 5. Diskusi G. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan Pertama: 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan - Berdoa - Absen. - Pembagian kelompok. - Apersepsi. 2. Kegiatan Inti - Secara berkelompok mendiskusikan tugas: yang diberikan guru yaitu mencari contoh Sumber-sumber energy. -mencatat hasil diskusi pada lembar kerja. - Melaporkan hasil diskusi kelompok pada diskusi kelas. - Tukar-menukar hasil kerja kelompok untuk saling dikoreksi. - menyimpulkan hasil diskusi. 3. Penutup - Pemantapan konsep. - Tanya jawab, latihan dan tugas. Pertemuan Kedua: 1.Kegiatan Awal/Pendahuluan - berdoa sebelum belajar - Absen. - Pembagian kelompok. - Apersepsi. 2. Kegiatan Inti - Secara berkelompok mendiskusikan tugas: yang diberikan guru yaitu mencari contoh alat rumah tangga yang menghasilkan energy panas. - Mencatat hasil diskusi pada lembar kerja. - Melaporkan hasil diskusi kelompok pada diskusi kelas. - Tukar-menukar hasil kerja kelompok untuk saling dikoreksi. - Menyimpulkan hasil diskusi. 3. Penutup - Pemantapan konsep. - Tanya jawab, latihan clan tugas. Pertemuan Ketiga: 1.Kegiatan Awal/Pendahuluan -Berdoa sebelum belajar - Absen - Pembagian kelompok. - Apersepsi. 2. Kegiatan Inti - Secara berkelompok mendiskusikan tugas: yang diberikan guru yaitu menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menghasilakn bunyi dan cahayapada lembar kerja. - Mencatat hasil diskusi pada lembar kerja. - Melaporkan hasil diskusi kelompok pada diskusi kelas. - Tukar-menukar hasil kerja kelompok untuk saling dikoreksi. - menyimpulkan hasil diskusi.. 3. Penutup - Pemantapan konsep. - Tanya jawab, latihan dan tugas. Pertemuan Pertama: 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan - Berdoa - Absen. - Pembagian kelompok. - Apersepsi. 2. Kegiatan Inti - Secara berkelompok mendiskusikan tugas: yang diberikan guru yaitu menunjukan sumber energy yang menghasilkan energy panas,bunyi, dan cahaya pada lembar kerja. - Melaporkan hasil diskusi kelompok pada diskusi kelas. - Tukar-menukar hasil kerja kelompok untuk saling dikoreksi. - menyimpulkan hasil diskusi 3. Penutup - Pemantapan konsep. - Tanya jawab, latihan dan tugas. Pertemuan Keempat: 1.Kegiatan Awal/Pendahuluan - berdoa sebelum belajar - Absen. - Pembagian kelompok. - Apersepsi. 2. Kegiatan Inti - Secara berkelompok mendiskusikan tugas: yang diberikan guru yaitu menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik pada lembar kerja. - Mencatat hasil diskusi pada lembar kerja. - Melaporkan hasil diskusi kelompok pada diskusi kelas. - Tukar-menukar hasil kerja kelompok untuk saling dikoreksi. - Menyimpulkan hasil diskusi. 3. Penutup - Pemantapan konsep. - Tanya jawab, latihan clan tugas. Pertemuan Kelima: 1.Kegiatan Awal/Pendahuluan -Berdoa sebelum belajar - Absen - Pembagian kelompok. - Apersepsi. 2. Kegiatan Inti - Secara berkelompok mendiskusikan tugas: yang diberikan guru yaitu menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menghasilakn bunyi dan cahayapada lembar kerja. - Mencatat hasil diskusi pada lembar kerja. - Melaporkan hasil diskusi kelompok pada diskusi kelas. - Tukar-menukar hasil kerja kelompok untuk saling dikoreksi. - menyimpulkan hasil diskusi.. 3. Penutup - Pemantapan konsep. - Tanya jawab, latihan dan tugas. H. Sumber/Alat dan Bahan 1. Sumber Buku Paket IPA dan buku lain yang relevan. 2. Alat dan Bahan Berbagai benda padat I. Penilaian Tes tertulis Penguasaan konsep dan penerapannya A. Penguasaan Konsep dan Penerapannya Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c di depan jawaban yang tepat! 1.Sumber energy yang paling besar di bumi adalah……… a. batu bara b. bensin c. matahari 2. Setrika dapat digunakan jika mendapatkan energy yang berasal dari…….. a. lisrik b. batu baterai c. Aki 3. Alat rumah tangga yang menghasilkan energy panas adalah……….. a. Mesin cuci b. Radio c. Setrika 4. Sumber energy tubuh manusia adalah……….. a. Makanan b. Gas c. Batu bata 5. Matahari dapat menghasilkan energy ……….. a. Bunyi b. gerak c. panas B. Penerapannya. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat! 1. Apakah kegunaan energy bagi manusia? Jawab: 2. Apakah kegunaan sinar matahari ? Jawab : 3. Sebutkan 3 benda yang menghasilkan energy cahaya! Jawab : 4. Apakah bahan bakar dari lampu tempel dan petromak? Jawab : 5. Bagaimanakah senter dapat menyala Jawab : Mengetahui, Palembang . Januari 2016 Kepala SD Negeri 95 Palembang Guru Kelas II. B Dra. Kasnawati, M.Si Nurjuita, S.Pd NIP.196302261983082001 NIP.197002062014072004

No comments:

Post a Comment

Sorga atau neraka

 Sorga itu sudah ada di dunia Hanya sedikit yang mau Banyak manusia lebih memilih dunia Jika dalam gembira kau gelisah Jika dalam susah kau ...