Friday 4 November 2011

Belajar

Belajar
Karya : M Kamil

Benar kata pepatah bahwa kalau beljar sudah tua ibarat melukis ditepi sungai, tapi kalau belajar di selagi muda iabarat melukis di atas batu, tetapi itulah sebuah pentunjuk kita semua.

Karena kalau kita ingin belajar itu tidak harus kita disaat muda, tetapi ingat jug akan seruan Nabi Muhammmad Rasulullah yang menyatakan bahwa tuntulah ilmu itu dari buaian hingga pada liang kubur.

ini artinya kita tidak ada batas selagi kita ada kemauna untuk menuntut ilmu itu maka itu suatu kesempatan, maka itu layak di laksanakan.

kenapa kita hrus lemah, kenapa kita harus mundur hanya karena kita sudah tua, bukankah ilmu itu tak kenal akan muda tau ia tua.

maka dari itu selagi kita memiliki suatu kesempatan maka itu masih ada waktu untuk kita melakukan kesempatan itu.

oleh karena itu tidak ada waktu untuk kita kalau kita hanya menyerah karena alasa kita sudah usia yang lanjut.

jadi lagi kesempatan itu laukan untuk menentut ilmu, karena ilmu itu tidak karaena muda ia berguna, tapi pula ia kan sia-sia karena kita usia lanjut.

banyak seorang dosen yang usia sudah lanjut hingga tujuh puluhan, masih ia untuk menerapkan ilmunya,  atau masih saja kita lihat ada orang yang usiasudah muda tapi tidak mau lagimenuntut ilmu.

oleh karena itu, tuntutlah imu itu selagi punya kesempatan untukitu.

oleh karena itu selagi itu ada waktu marilah itu dilakaukan, kalau kita sudah menyerah maka tidak aakn lagi para ahli yang ada di muka bumi ini.

jangan pernah berhenti untuk mentut ilmu, karena itu tak pernah hnti untuk di mmapaatkan, karena ilmu itu tak akan pernah pernah habis.

ia akan selalu megalir sepeti air, ia kan mengikti zama yang ada di zaman itu senidiri, karena ia akan selalu mnyesuaikan pada zamanya itu sendiri, oleh karena dari kini hingga pada keluarag, pada anak, pada orang tua yang masih meiliki keinginan untuk menuntut ilmu jangan juga menyerah.

perjuangan terus untuk dengan segala ketentuan yang ada, dengan kemampuan yang kita miliiki sesuaidengan apa yang kita miliki, sesuai dengan kekuatn yang kita miliki saat ini, jangan dipaksakan, tetapi juga ilmu juga tak dapat jika tidakkita paksakan juga.(kamil)

No comments:

Post a Comment

Sorga atau neraka

 Sorga itu sudah ada di dunia Hanya sedikit yang mau Banyak manusia lebih memilih dunia Jika dalam gembira kau gelisah Jika dalam susah kau ...