Thursday 30 June 2011

Dibangunnya Irigasi Air Nibung




Dibangunnya  Irigasi Air Nibung
Dimanapun pembangunan itu adalah bertujuan mulia, apalagi itu untuk kepeningan masarakat setempat, hanya saja ketika pembangunan itu berjalan mulai terjadi nya penyalahgunaan oleh oknum –oknum yang selalu ingin mencari keuntungan.
Seorang tokoh masarakat yang berada di Irigasi Air Nibung Beringin Indah, yaitu Drs H M Djohan Qoyim M pdi dikediamanya menyatakan, pesan orang tua, pada saat kau pulang dari Dyogyakarta nanti, kau pulanglah kedesa, untuk membangun proyek ini, karena kami sudah banyak habis unang untuk membangunnya.
Masih di kisahkan oleh Djohan, di masa  kau nanti, kami percayakan pada kamu, kamu seorang sarjana, pada tahun 1974, aku pulang,”sambung Djohan,” pada waktu itu saya temuilah Kindo Kamis Almarhum, bersama dengan masarakat setempat, mana janji untuk membangun proyek irigasi waktu itu.
Maka kami musawaeah, pada waktu itu kepala proyeknya, itu bawah bukit batu, pada saat itu juga, aku siapkan kertas, itu untuk menggambar lokasi proyek, setelah itu gambar di ajukan pada PU Pengairan di Lahat, ditemuilah Muhajir.
Diungkap Djohan, ini gambar proyek,  ini berada di desa air Nibung, bukit batu hingga persawahan, mereka bilang tidak ada uang untuk turun, karena ini bulan tua, maka pada tahun 1974 diberikan uang Rp 70.000,-.
Pada saat berada di desa Air Nibung,tegas Djohan, kami segera membentuk  sebuah  panitia, terbetuklah panitia dengan anggota sebelas orang, pada saat itu terkumpullah uang Rp 150 000,-. Pagi rombongan PU pengairan itu datang, di lokasi air nibung kecamatan Muara Pinang, kini kecamatan itu di  rubah menjadi Lintang Kanan, tambahanya.
Satu bulan kemudian dimulai lakukan pengukuran, itu dimulai tahun 1975, bersama masarakat melakukan pngukuran proyek tersebut,  Pengukuran ini di ketuai oleh Muhajir, Sepanjang 1040 meter,tegasnya.
Pengerjaan proyek di mulai pada tahun 1976, Rp. 30 756.000,-  selanjutnya dilakukan serahterima , pemborong pada waktu itu adalah CV Aritonang, jadi proyek ini dapat di selsaikan pada tahun 1976.
Dilanjutkan Djohan, terjdilah pada tahun 1977 proyek itu amblas, kami lakukan lagi perundingan dengan DPRD Lahat, diperbaikilah kembali di tahun itu,katanya.
Ditahun 1987 pembangunan itu dilanjutkan kembali, pada tahun itu  proyek irigasi Air Nibung dikerjakan oleh Djohan Bahar, selanjutnya pembangunan proyek itu kembali diabangun pada tahun 2008, pernah di ajukan pada pimpinan Gubernur Syarial, namun usulan ini di tolak.
Ditahun 2010 saya menemui Gubernur Alex Noerdin, sehingga ditahun 2011 perencanaan pembangunan proyek irigasi Air Nibung dibangun, pada Januari tahun 2011, Sehingga pembangunan proyek          irigasi ini dengan dana Rp 933. 070.000.
Pengerjaan proyek ini dilakukan tahun 2011 bulan Maret, dikerjakan tepat bulan April, membangun siring anak, dan itu diperintahkan oleh Raka Kades Desa Air Nibung, proyek dialihkan lokasi oleh Kades Raka tersebut.(kamil)

No comments:

Post a Comment

Sorga atau neraka

 Sorga itu sudah ada di dunia Hanya sedikit yang mau Banyak manusia lebih memilih dunia Jika dalam gembira kau gelisah Jika dalam susah kau ...