Thursday 6 October 2011

Budaya Lokak

Ditulis oleh M Kamil

Palembang adalah kota yang sudah dikenal dengan nama kota Dagang dan persinggahan, itu terbiasa sudah sejak lama, karena latar belakang ini kota Palembang menjadi sangat deikenal dengan kata lokak.

ada yang kadang tidak terlalu sangat di kenal oleh masarakat khsususnaya yang ada di kota Palembang, itu misalnya mengenai perkataan LOKAK, misalnya saja, kita berjalan hendak menuju kesuatu tempat, namun sebelum kita tiba ada seorang teman yang kita lihat, lalu kebiasaan yang akan di sampaikan oleh warga Palembang. kepada sahabatnya itu adalah sebuah pertanyaan, Apakah ada Lokak?

Sehingga hal ini menjadi suatu kebiasaan yang ada di kota Palembang, kalaau kita bertemu dengan seorang temanmaka perkataan, apo lokak tu?

Hanya saja hal ini tidak menjadi persoalan bagi masarakat Palembang, oleh karena itu ini menjadi suatu perkataan kebiasaan dari masarakat yang selalu ingin menjadi kan LOKAK tadi.

bagi penduduk Palembang pada khususnya dan penduduk Sumatera Selatan pada umumnya, adalah budaya Lokak sudah tidak asing lagi.

Oleh karena itu masalah ini selalu jadi acuan untuk sbuah awal pembisaraan anatara pertemuan seorang teman dengan teman lainya, atau juga bisa saja barangkali langsung untuk menemui sesorang yang ingin memerlukan suatu hasil dari suatu pekerjaan, itu yang disebut LOKAK gaya Palembang ini.

kapan itu sudah dimulai, ini tidak tahu catatannya yang pasti ini sudah ada sejak zaman Palembang ada, atau ini juga dipengaruhi oleh bangsa ini yang masih dalam tarap kemiskinan, sehingga setiap itu suatu pertemuan selalu yang jadi pikiran mereka adalah sebuah materi, karena materi baginya adalah suatu hasil.(kamil)

No comments:

Post a Comment

Sorga atau neraka

 Sorga itu sudah ada di dunia Hanya sedikit yang mau Banyak manusia lebih memilih dunia Jika dalam gembira kau gelisah Jika dalam susah kau ...