Sunday 2 October 2011

Midang

ditulis oleh M kamil
Perkataan ini tidak diketahi kapan ini dimulainya, yang pasti ini sejak berdirnya berbagai desa-desa yang ada di Sumatera Selatan pada Saat itu.

perkatanan Midang biasanya digunakan kalau orang akan keluara rumah, dengan tujuan yang sipatnya tidak penting , misalnya hanya sekedar rilek atau santai saja.

Misalnya, menjelang sore  Ahmad akan pergi pada suatu tempat, namun disaat ia akan pergi di perjalanan bertatapan dengan seorang tetangga, lalu ia bertanya mau kemana Ahmad ?

Disaat itu Ahmad menjawab Anu saya mau midang.

Itu artinya perjalanan bukan jauh, tetapi perjalanan itu hanya beberapa meter dari rumah, atau hanya keleiling dalam kampung, atau dalam waktu yang singkat, bisa saja itu hanya satu jam, jadi termasuk bendahara kata yang sangat indah dan mengagumkan sekali.

Karena perkataan midang itu hanya digunakan dalam tempo tujuan yang singkat, suatu perjalanan yang hanya untuk tujuan dilokasi setempat saja.

bahasa ini hanya digunakan oelh daerah Ogan, atau ini bagian dari kabupaten Ogan komering Ulu, serta sekitarnya, bisa juga kadang ini bahasa di gunakan oleh warga Palembang yang berasal dari Lahat, Muara enim, Prabumulih, Baturaja dan sekitarnya.

hingga demikian bahasa ini digunakan merupakan bahasa daerah Oagan, bukan asli dari Palembang, hanya saja karena di Palembang sudah membaurnya warga dari berbagai aneka ragam dari daerah, maka akhir bahasa ini tidak asing lagi di kota Palembang..(kamil)

 

No comments:

Post a Comment

Aku

 Melihat mahluk  adalah sama Bersyukurlah jika tuhan jadikan  manusia Karena bukan di jadikan rumput Aku Melihat manusia hanya penuh kekuran...