Sunday 18 September 2011

BERBISIK

karya  M Kamil

Merupakan perkataan yang dianggap suatu perkataan yang disampaiakn itu dianggap suatu rahasia, sehubungan dengan ini sebuah makna hadis yang mengatakan, "jangan kamu berbisisk ketika kamu sedang bertiga, jika tanpa turut sertanta kawan kamu yang ketiga"

memang yang aad pada diri mannusia semua unsur ada dalam diri seorang manusia, mulai dadri kebaikan dan juga yang tidak baik, oleh karena itu kadang datang kecenderungan sipat yang tidak baik tersebut.

jika kita berbsisik dengan makksud yang tidak baik itu, maka dianggap suatu yang tidak bertanggungjawab, tidak ada mannusia yang mau ia di bisikan yang tidak baiak tersebut.

jangan sampai kita berbisik pada hal itu sangat dan akan merugikan orang lain, hendaknya itu tidak usah di lakukan, karena itu akan mmebuang waktu dan sia-sia saja.


karena kalau hanya kita bertiga dan kita berbisik maka,  itu akan mengundang perbuatan yang tidak baik nantinya.

Jangan sampai kita berbisisk pada orang yang ada di dekat kita, mekipun kadangkal  kita bisiskan itu perkataan baik, namun tetap akan  mengundang  prasangka  yang buruk terhadap kita yang telah berbisik itu.

jika kita  telah berbisisk dengan banyak orang, mak itu tidak akan mengundang prasngka  yang tidak baik tersebut,  kadang kala dari kita berbisik itu akan menimbulkan suatu perbuatan yang tidak baik, akan menimbulkan prasangak yang tidak baik.

oleh karena itu , hindari kita berbisik pada saat kita tengah berbisisk hanya tiga orang saja itu, karena kalau kita hanya berbisik itu akan mengundang  dan menunjukan bahwa kita adalah orang-orang yang lemah belaka.

karena orang -orang yang tegas itu tidak akan mau berbisik, karena hanya orang yang maju yang bernai dan tegas itu.

hendaknay kamu bicaralah dengan apa adanya pada orang tersebut, walaupun kadang kala apa yang kita berbicarakan itu adalah sangat tidak baik.

karena kaalu kita hanya berbissik itu akan menimbulkan suatu kecurigaan tentang diri kita dan orang lain itu, akibatany akan timbbul suatu kecurigaan sehingga akan menimbulkan suatu dampak yang sangat tidak baik.

dari itu berbuatlah untuk yang baik, bicaralah yang tegasjangan sampai hanya  bicata yang bissik-bisik saja, tapi bicara yang terbuka namun baik dan sopan.(kamil)

No comments:

Post a Comment

Aku

 Melihat mahluk  adalah sama Bersyukurlah jika tuhan jadikan  manusia Karena bukan di jadikan rumput Aku Melihat manusia hanya penuh kekuran...