Sunday 4 September 2011

SEDERHANA

ditulis : M Kamil
Mengenai perkataan yang singkat itu telah ada dalam petunjuk dari rasul Allah, yang dinyatakannya, makan dan minumlah dab berpaikanlah, sedekah dan jangan kamu berlebih-lebihan, atau jangan kamuj bernegah-megahan.

kadangkala manusia ini banyak yang lupa doa pada saat akan makan, padahal makan yang disertai dengan doa akan banyak mengandung hikmah yang besar bagi kita, tidak timbul sipat berlebihan pada saat kita makan tersebut.

tetapi akibat kita makan itu sangat berlebih, maka cenerung kita akan segera tidur padahal hendaknya kita diwaktu itu, melakukan suatu pekerjaan yang wajib dan harus ia lakukan, tetapi akibatnya ia menjadi lalai.

tentu saja akan menimbulakn suatu masalah pada sendi-sendi tubunya, akibatnya lemah, lalu tidak meiliki uapya untuk kuat dan berpkir jernih sehingga ia juga akan terjadi suatu kelemahan yang akan menderita bagi dirinya.

yang pasti apapun yang dilakukan oleh tyiap manusia itu akanselalu ada timbal balinmya, baik atau burukj akan ada selalu timbal baliknya.

Setiap hasil kerja dan kegiatan yang kita lakuakn itu akan mengahsulkan, suatu hasil , karena itu bisa saja bersipat baik-bersipat buruk, akan timbulnya rasa persaudaraan, atau juga akan timbuknya rasa kebencian.

makanlah jika kita akan merasa lapar, munimlah jika kita merasa haus, kita akan sadar betapa pentingnya air ketika kita terdampar pada sebuah padang pasir yang tak ada setetes air disana.\

apapun itu jika ia berlebihan akan menimbalakn ketidak inginan yang kita harpkan sesungguhnya, kemampuan untuk dapat membatasi keinginan yang ada pada diri kita akan membawa mampaat yang sangat besar sekali bagi kita.

Pakaian misalnya tentu adalah kebutyuhan sangat pokok dari diri kita, karena itu penting bagi tubuh kita, kadangkala pakaian itu sangat identik dengan diri seseorang yang menggunakannya, anak-anak tenu saja itu sesuai dengan kebutuhan anak-anak, orang tua tentu ada pakaian untuk orang tua, pakaian kita sehari-hari tentu saja akan dipergunakan untuk sehari-hari saja, lalu pakaian untuk berpergian untuk digunakan pergi saja, untuk pakaian kerja tentu digunakan untuk kerja saja.

ada yang juga harus dan wajib kita lakukansetiap harinya itu adalah sedekah, sedekah itu amatlah berat karena tidak semua orang akan mampu untuk melakukannya itu, misal kita kepasar maka disana akan kita temui.

kalau kita ingin bersedakah maka kita tidak perlu banyak dengan komentar, tetapi lakukan saja , jika saja manusia yang ada di muka bumi mau bersedakah maka akan makmurnya negeri ini, jika ini yang terjadi maka akan menjadi makmur dinegeri ini, tiada akan ada suatu ketimpangan dimana-mana, tidak akan ada yang mau berbuat hina, berbuat jahat terhadap sesamanya yang ada di muka bumi ini.

Kita sesungguhny akan sadar bahwa sedekah itu yang akan kita lakukanadalah, dapat mensucikan diri kita dari segala macam bara bahaya yang ada di muka bumi, akan meredam segala kejahatan yang ada di sekitarkita.

janganlah kita berlebihan, tentu dalam segala ha, makan jangan berlebihan, minum jangan berlebihana, biacara jangan berlebihan,  bahkan kalau kita telah membenatu sesorang saja jangan sampai kita selalu akan mengingat-ingat akan hal itu.

jangan sampai kita menyatakan diri kita bahawa kita telah membantu, tetapi itu lupakanlah , karena itu kaadangmerasa lebih baik dari yang lainya, sehingga timbulnya suatu kesombongan yang ada pada diri mereka itu akhirnya.

jangan sampai kita dengan orang terlau berlebihan untuk baiknya, jangan pula kita terlalu benci pada orangitu, karena apapun nanti kita akan menemui suatu masalah terhadap orang-orang itu nantinya, akibatnya akan timbulnya suatu petentangan yang tak pernah kita inginkan.

janganlah kita bernegah-megah, karena hendaknya kita itu sadar akan suatu kelebihan yang kita miliki, bahawa apa yang kiat miliki itu adalah juga milik orang  lain, hak orang lain juga kita miliki didalmya.

kita hendaknya menyadari bahwa, harta yang kita miliki itu adakah juga hanya sebuah tuitipan belaka, karena itu akan datang masanya untuk di lepas kembali, akan di tarik kembali oleh yang maha kuasa.

Dengan cara apa Allah akan menairiknya itu kita tidak pernah tahu, apakah kita akan ditimbulkan dengan musibah, dengan kecelakaan, dengan kekeringan, dengan kemiskinan, dengan sakit yang tak pernah henti atau juga dengan segala kehilangan yang apa kita miliki itu.

hanya banyak manusia itu yang tak sadar akan hal itu, bahaw kiranya semua yang ada dimka bumi adalah milik Allah semata, karena itu jika ia mengehndakinya juga dengan caranya ia akan mengamblnyanya pula.(kamil)

No comments:

Post a Comment

Sorga atau neraka

 Sorga itu sudah ada di dunia Hanya sedikit yang mau Banyak manusia lebih memilih dunia Jika dalam gembira kau gelisah Jika dalam susah kau ...