Monday, 5 September 2011

MARHABA

ditulis oleh : M Kamil

ini saat-saat di lakukan rebutan bendera
hal  ini dapat dikatakan suatu sunah rosul, bahwa seorang anak itu sunat untuk dilakukan Marhaba, yaitu seorang anak yang diberi nama, lalu diberikan suatu susunan acara, yang dimulai dari bacaan Alquran yaitu Yasinana, kemudian itu dilanjutkan dengan bacaan al barzanji.

sang bayi yang akan di cukur rambutnya dan pemberian nama
kapan ini segera dimulai adalah tidak tahu dengan pasti, namun ini sejak Islam berdiri khususnya di Sumatera Selatan hal ini sudah biasa dilakukan.

para undangan yang mengikuti bacaan albarzanji
Seorang anak anak diberi nama, oleh orang tuanya, oleh kakeknya, oleh waknya, oleh seorang tokoh masarakat yang diberikan hak untuk menggunting rambtnya.

Karena ini sudah berjalan sejak Islam ada di daerah Sumatera Selatan, tentu saja selamatan ini bagi orang-orang yang mampu, yaitu untuk melaksanakan hajatan ini.

sang bayi yang akan siap di cukur rambutnya
Tidak ada paksaan bagi umat Islam yang akan melakukan selamatan dalam hal ini, oleh karena itu tidak semua orang yang melahirkan anak harus melakukan hajatan Marhaba ini.

sang bayi tengah berteriak kencang seakan tahu akan di cukur rambutnya
Biasanya mereka setelah baca yasin , lalu dilanjutkan dengan pembacaan albarzanji yang dibacakan oleh lima orang yang dapat membaca kitab albarzanji itu, mereka membacanya secara bergantian, satu sama lain salin menyambung, jika yang pertama selesai barulah itu akan menyambung pada selanjutnya, begitulah urutan bacaanya.

pencukuran rambut olhe keluarga yaitu kakek sang bayi
hingga berikutnya dilakukan pembacaan doa oleh seorang ulama yang telah di tunjuk untuk melakukan doanya, setelah itu pada puncak acara dilakukan pengguntingan rambut oleh seorang yang dianggap tokoh masarakat setempat, juga oleh orang tuanya, juga oleh pamannya, atau juga kakak kandung  dari orang tuan laki-laki dari sang anak atau kakak dari orang tuanya anak dari pihak ibunya.

ini juga kakek sang bayi yang siap-siap akan mencukur
setelah itu mereka dialnjutkan untuk makan bersama, hal ini bisa saja dilakukan siang hari atau juga dilakukan pada malam harinya, jadi tidak harus menunggu pelaksanaan itu pada malam harinya, tetapi dapat dilaksanakan juga pada siang harinya.


                               ini adalah orang tua sang bayi yang tengah memotong rambut anaknya
terkadang jika dia memang seorang mampu, juga dilakukan dengan cara diiringi dengan musik yaitu yang jadi kebiasaanya adalah dengan musik terbangan, ataua juga yang biasanya dapat juga digunakan musik dangdutan, atau juga yang kini terkenal dengan sebuatan orgen tunggal.(kamil)

No comments:

Post a Comment

Masih Cinta di waktu itu kau masih usia 12 tahun namun kau sangat dewasa tampaknya kasih saya diantara kita terjalin mesra sekrang kau ...