Friday 15 July 2011

BUDAYA LOKAK (Ada Lowongan)

PALEMBANG,-kalau orang yang baru datang ke Palembang, akan sangat heran atau merasa selalu mendengar akan kata-kata "APO LOKAK".
Perkataan ini akan menjadi tidak asing di telinga kaum Palembang, karena ucapan ini akan selalu di ucapakan oleh tiap-tiap orang yang baru saja bertemu, atau bertanda satu sama lain, misalnya"Apo Lokak?"
Pertanyaan akan selalu terdengar  jika orang akan bertemu satu sama lainnya, entah mengapa ini menjadi suatu kebiasaan yang ada di dalam kota Palembang pada khususnya.
atau bahkan ini sudah budaya bagi warga Sumatera Selatan, apakah yang menyebabkan ini menjadi ucapan yang terbiasa akan disebut oleh orang yang setiap bertemu satu sama lainya.
jika saja penduduk yang ada di dalam wilayah Propinsi Sumatera Selatan ini, sudah makmur mungkin perkataan ini akan sangat beda, kita dengar.
Akan muncul perkataan yang baru, karena sesuai dengan keadaan dan kondisi wilayah daerah ini, artinya penduduk kota Palembang, penduduk Sumatera Selatan adalah sangat banyak yang dalam ukuran miskin.
Tetapi kalau ingin disamakan dengan pendapat para ulama, maka semua penduduk yang ada di Sumatera Selatan ini adalah orang miskin.
karena selalu dan masih sangat mengharap akan pemberian, orang yang dikatakan seorang pejabat saja, kalau dapat peroyek dari anak buahnya ia akan  mendapat sedikit prosenan dari orang tersebut.
nah budaya lokak ini sudah menjadi mainan, sudah menjadi makanan omongan orang-orang sumatera selatan pada umumnya.
kapan ini akan berubah tak akan tahu, hanya mungkin nani setelah Indonesai, benar-benar akan mengalami kemakmuran, kapan yang akan memimpin nantinya.
Budaya saling tekan-saling iri, saling jatuhkan akan selalu amsih berkembang di wilayah kita, generasi kapan yang akn betul-betul menampilakn suatu kemampuan dirinya nanti.
Sehingga yng memegang peranan dalam suatu pemerintahan akan berpikir untuk hidup, bahwa ia hidup sesungguhnya ada orang lain, ia dapat hidup makmur sesungguhnya karena ada orang lain yang diskeitarnya.
Ini yang belum dapat dijadikan suatu perubahan yang menuju pada sutu kebaikan nantinya.(kamil)

No comments:

Post a Comment

Sorga atau neraka

 Sorga itu sudah ada di dunia Hanya sedikit yang mau Banyak manusia lebih memilih dunia Jika dalam gembira kau gelisah Jika dalam susah kau ...