Tuesday 12 July 2011

TARI TANGGAI

PALEMBANG,-ini adalah Tari Tanggai atau kadang kala orang menyebutnya Tari Gending Sriwijaya, kareana pada tarian adanya suatu kemiripan, suatu persamaan dalam tarian ini sehingga kadang kala bingung orang akan menyebutnya.
hanya saja tarian ini sering digunakan orang unutuk  menyambut tamu Agung, dimasa itu untuk menyambut tamu kerajaan yang ada, mereka yang datang disambut dengan tarian-tarian, salah satunya adalah tarian ini.
yaitu adalah tarian Tanggai atau Tarian Gending Sriwijaya, karena tarian ini adalah merupakan tarian adat, tarian yang sudah di gunakan dan tampilkan pada saat datangnya tamau besar.
Dimasa kini tarian ini dimampaatkan untuk tarian menyambut, atau mengawali sebuah pesta yang ada, misalnya pesta sebuah perkawinan, perayaan sebuah perkawinan, perayaan suatu seminar, perayaan untuk menyambut datang para pembesar.
Hingga kini tarian adat dari Propinsi SUmatera Selatan ini, tidak tahu kapan itu dimulai, kapan dan siapa yang menciptakan tarian ini.



Meskipun demikian tarian ini tetap abadi di wilayah Sumatera Selatan hingga kini, sehingga ini selalu dimampaatkan untuk upacara perkawinan, upacara pernikahan .(kamil)

No comments:

Post a Comment

Sorga atau neraka

 Sorga itu sudah ada di dunia Hanya sedikit yang mau Banyak manusia lebih memilih dunia Jika dalam gembira kau gelisah Jika dalam susah kau ...